PENERAPAN METODE DRILL DENGAN TEKNIK INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK DASAR BERMAIN GITAR PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER ANSAMBEL GITAR SISWA SMA NEGERI 4 PALOPO

Abdillah, Ibnu Farhan (2019) PENERAPAN METODE DRILL DENGAN TEKNIK INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK DASAR BERMAIN GITAR PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER ANSAMBEL GITAR SISWA SMA NEGERI 4 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL IBNU FARHAN ABDILLAH - 158204000.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ibnu Farhan Abdillah, 2020 “Penerapan Metode drill dengan teknik inquiry dalam upaya meningkatkan teknik dasar bermain gitar pada kegiatan ekstrakulikuler siswa SMA Negeri 4 Palopo”. Skripsi, Jurusan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I Hamrin S.Pd, M.Sn dan pembimbing II Dr. Hj, Andi Padalia, M.Pd Penelitian ini bertujuan agar siswa dapat memperbaiki teknik dalam bermain gitar pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 4 Palopo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk penerapan metode drill dengan teknik inquiry dalam upaya meningkatkan teknik bermain gitar siswa pada kegiatan ekstrakulikuler ansambel gitar SMA Negeri 4 Palopo. (2) Bagaimana peningkatan teknik bermain gitar siswa setelah diterapkan metode drill dengan teknik inquiry pada kegiatan ekstrakulikuler. Penelitian ini juga bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana penerapan metode drill dengan teknik inquiry yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan keterampilan bermain gitar siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu sampel penelitian, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga menggunakan metode kuantitatif yaitu mengukur tingkat keterampilan dengan tes unjuk kerja untuk melakukan penilaian dengan menggunakan aspek penilaian yaitu akord, melodi dan tempo. Pada penelitian ini dilakukan pre test dan post test. Pre Test adalah latihan atau tes yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan sebelum diterapkan metode drill dengan teknik Inquiry. Pada Pre test yang dilaksanakan siswa masih mengalami banyak kendala dalam praktek instrumen gitar sehingga perlu adanya perbaikan dan penerapan metode drill dengan teknik inquiry. Setelah diterapkan metode drill dengan teknik inquiry keterampilan siswa mulai meningkat. Perolehan pada Pre test dengan nilai rata – rata 71.6 mengalami peningkatan di post test dengan jumlah perolehan nilai rata – rata 86.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:27
Last Modified: 27 Jan 2020 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16600

Actions (login required)

View Item View Item