PENGARUH JUMLAH BUTIR ANCHOR TERHADAP HASIL PENYETARAAN TES BERDASARKAN TEORI RESPON BUTIR

Syahrul, Syahrul and Mansyur, Mansyur and Rosdiyanah, Rosdiyanah (2016) PENGARUH JUMLAH BUTIR ANCHOR TERHADAP HASIL PENYETARAAN TES BERDASARKAN TEORI RESPON BUTIR. Jurnal Kependidikan, 46 (2). ISSN 0125-992X (Submitted)

[img]
Preview
Text
JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peer Review Jurnal Nasional.pdf

Download (541kB) | Preview
Official URL: http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/index

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penyetaraan tes berdasarkan perbedaan jumlah butir anchor dan prosedur mendapatkan penyetaraan tes berdasarkan equateIRT. Jenis penelitian ini adalah exploratif, yaitu mengungkap kesetaraan skor tes berdasarkan teori respons butir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 paket soal Fisika. Penelitian ini dilaksanakan pada enam SMA di Kabupaten Gowa. Jumlah subjek penelitian sebanyak 1420 siswa. Desain penyetaraan memilih Common-Item Nonequivalent Group, estimasi parameter menggunakan model logistik dua parameter (2PL), dan penyetaraan tes dengan menggunakan equateIRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien penyetaraan α dan β yang dihasilkan oleh paket soal dengan 16 butir soal anchor (40%) lebih mendekati α = 1 dan β = 0. Standard error yang dihasilkan oleh paket soal dengan 16 butir anchor lebih kecil dibandingkan dengan paket soal dengan 10 dan 12 butir anchor. Hal ini berarti bahwa paket soal dengan jumlah butir anchor yang lebih banyak menghasilkan penyetaraan yang lebih akurat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: butir anchor, penyetaraan tes, teori respon butir
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 07 Dec 2016 05:54
Last Modified: 07 Dec 2016 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item