PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING ) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGELASAN SMAW SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MAKASSAR

SAPUTRA, LUKMAN (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING ) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGELASAN SMAW SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
lukman ringkasan jurnal.docx

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAK Lukman Saputra, 2019. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Model Pembelajaran Aktif (Active Learning ) Terhadap Hasil Belajar Pengelasan Smaw Siswa Kelas XI Smk Negeri 10 Makassar. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Dra. Hj. Asmah Adam, M. Pd. dan Drs. Suardy, M. T. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pengelasan di Program Studi Pengelasan SMAW di SMK Negeri 10 Makassar dengan model pembelajaran aktif (Macromedia Flash). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Studi Teknik Pengelasan di SMK Negeri 10 Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 22 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi / observasi dan refleksi. Pada siklus I diadakan untuk empat pertemuan dan siklus II diadakan untuk empat pertemuan mengumpulkan data tentang pencapaian hasil belajar dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir hasil belajar pada siklus I dan tes hasil belajar pada akhir siklus II. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif hasil belajar siswa las SMAW menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada siklus I adalah 79,081 pada siklus I dan ada peningkatan 7,469% pada siklus II sehingga nilai rata-rata siswa mencapai 85.464. Hasil analisis kualitatif menunjukkan peningkatan tingkat kehadiran siswa bahkan ketika guru menjelaskan bahwa siswa yang memperhatikan telah mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran pengelasan SMAW dengan model pembelajaran aktif menggunakan Macromedia Flash. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) dengan Menggunakan Macromedia Flash.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:37
Last Modified: 27 Jan 2020 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16599

Actions (login required)

View Item View Item