PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF PRAKTIKUM FISIKA DASAR I PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Arafah, Kaharuddin (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF PRAKTIKUM FISIKA DASAR I PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR. PROSIDING Seminar Nasional “Tellu Cappa”. pp. 54-62.

[img]
Preview
Text
Pengembanagan Instrument.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PROSIDING%20SEMNAS%20TELLU%20CAPPA_Yiyin%20Klistafani.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and Development) dimana yang diinginkan adalah instru-men penilaian yang valid dan layak digunakan. Penelitian bertujuan (1) Untuk menganalisis hasil pengembangan instrumen penilaian kognitif praktikum Fisika Dasar I pada mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar secara teoritik dan empirik. Pengembangan instrumen penilaian mengacu pada desain pengembangan instrumen tes menurut Kaharuddin Arafah yang terdiri 7 langkah-langkah pengembangan yaitu: (1) Menentukan skala ukur, sasaran ukur dan konstruksi alat ukur, (2) Alat ukurhasil konstruksi, Validasi isi, (4) Alat ukur sementara, (5) Sasaran ukur responden uji coba, (6) Reliabilitas, dan (7) Alat ukur siap pakai. Penelitian ini di uji coba di jurusan Pendidikan Fisika Semester I Angkatan 2016/2017 UIN Alauddin Makassar. Hasil penelitian diperoleh instrumen penilaian praktikum Fisika Dasar I secara teoretik menghasilkan sebanyak 51 item soal dengan reliabilitas 0,88 berada pada kategori valid. Sedangkan secara empirik menghasilkan 48 butir dengan reliabilitas 78% instrumen penilaian kognitif praktikum beserta rubrik penilaiannya memenuhi kriteria reliabilitas berdasarkan uji coba. Hasil penelitian diperoleh produk instrumen penilaian praktikum yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta layak untuk digunakan sebagai instrumen penilaian yang baku di jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. Kata kunci: Instrumen penilaian, praktikum Fisika Dasar I.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Jan 2020 05:46
Last Modified: 23 Jan 2020 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16571

Actions (login required)

View Item View Item