PENERAPAN METODE ATM (AMATI, TIRU, MODIFIKASI) PADA PEMBELAJARAN TEHNIK DASAR TARI MOTARO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENARI SISWA KELAS X SMAN 3 POSO

Putrri Kinanti, Yudita (2019) PENERAPAN METODE ATM (AMATI, TIRU, MODIFIKASI) PADA PEMBELAJARAN TEHNIK DASAR TARI MOTARO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENARI SISWA KELAS X SMAN 3 POSO. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL YUDITA PUTRI KINANTI IDRIS NIM-1582040028.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL YUDITA PUTRI KINANTI IDRIS NIM-1582040028.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yudita Putrri Kinanti Idris, 2019 “Penerapan Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) pada Pembelajaran Tehnik Dasar Tari Motaro untuk Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa Kelas X SMAN 3 POSO”. Skripsi, Jurusan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah tentang 1). Bagaimana penerapan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) pada pembelajaran tehnik dasar tari Motaro siswa kelas X SMAN 3 POSO dan 2). Bagaimana keterampilan menari Motaro siswa setelah penerapan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) pada pembelajaran tehnik dasar tari siswa kelas X SMAN 3 POSO. Metode yang digunakan adalah metode PTK (Penelitian Timdakan Kelas) dengan menggunakan aspek penilaian yaitu wiraga, wirama dan wirasa. Pada penelitian ini dilakukan 2 siklus. Hasil penelitian : 1). Pada siklus I dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan sampai dengan siswa menunjukan hasil kemampuannya dengan kelompok masing-masing, namun pada siklus I siswa belum percaya diri dalam mengemukakan kemampuannya, sehingga pada siklus I perlu adanya perbaikan pada tahap siklus II. Pada siklus II dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan agar kemampuan siswa meningkat. Pada tahap siklus II kemampuan siswa mulai meningkat namun beberapa siswa belum mampu menggambarkan atau mengeskpresikan tarian dengan mimik wajah yang benar. 2). Perolehan nilai pada siklus I dengan nilai rata-rata 66,5 dan mengalami peningkatan di siklus II dengan jumlah perolehan nilai rata-rata sebanyak 88,9.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 03:06
Last Modified: 23 Jan 2020 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16553

Actions (login required)

View Item View Item