KEBIJAKAN BERBASIS BUKTI (BASED POLICY EVIDENCE) DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus Pada BAPPEDA Kota Makassar)

Ramadanti, Viqra (2020) KEBIJAKAN BERBASIS BUKTI (BASED POLICY EVIDENCE) DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus Pada BAPPEDA Kota Makassar). Diploma thesis, Univaersitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal viqra.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Abstract: This study aims to determine whether Evidence-based policies have been applied in development planning in Makassar City. This type of research is descriptive qualitative research with data collection techniques, namely interviews, observation, and documentation. Informants in this study are all important elements that are in the Makassar City Development Planning Board and community leaders in the city of Makassar. Determination of informants in this study using purposive sampling technique. Data analysis techniques using data reduction, data display, and drawing conclusions. The results of the study show that development planning in Makassar City has been running according to Evidence Based Policy. This is based on the evaluation of an appropriate program, the development of a good budget, the implementation of good supervision, the results of monitoring that have been achieved, and the targeted evaluation that has been achieved. Keywords: Evidence Based Policy, Development Planning, Regional Development Planning Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kebijakan Berbasis Bukti telah diterapkan dalam perencanaan pembangunan di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu seluruh unsur penting yang berada di Badan Perencanaan Pembangunan Kota Makassar dan tokoh masyarakat Kota Makassar. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian meunjukkan bahwa perencanaan pembangunan di Kota Makassar telah berjalan sesuai Kebijakan Berbasis Bukti . Hal ini didasari atas penilaian program yang telah sesuai, pengembangan anggaran yang sudah baik, pelaksanaan pengawasan yang sudah baik, hasil pemantauan yang sudah tercapai, serta evaluasi yang ditargetkan telah tercapai. Kata Kunci: Kebijakan Berbasis Bukti, Perencanaan Pembangunan, Perencanaan Pembangunan daerah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > EKONOMI PEMBANGUNAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Jan 2020 01:53
Last Modified: 21 Jan 2020 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16536

Actions (login required)

View Item View Item