Perancangan Visual Branding Wisata Pulau Camba Cambang Kabupaten Pangkep

Basri, Ilham (2019) Perancangan Visual Branding Wisata Pulau Camba Cambang Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL - ILHAM BASRI_1286140013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak Perancangan ini bertujuan menciptakan sebuah Visual Branding atau merek yang memudahkan pengembangan produk, menambah daya tarik serta menjadi investasi masa depan wisata Pulau Camba Cambang. Memperkenalkan identitas baru dari Pulau Camba Cambang kepada masyarakat khususnya target audiens. Merancang Media Komunikasi Visual yang aktraktif dan beridentitas serta Menciptakan differensiasi yang jelas, sehingga menjadikan Pulau Camba Cambang sebagai destinasi yang layak dikunjungi. Melalui Perancangan Visual Branding Wisata Pulau Camba Cambang, penulis menggunakan metode perancangan yang merupakan tahapan atau proses desain secara ilmiah, logis, sistematis, dan prosedural. Penelitian diawali dengan kegiatan observasi langsung di Pulau Camba Cambang, terkhusus data mengenai kondisi lokasi wisata serta ketersediaan fasilitas. Penelitian selanjutnya dengan melakukan riset dokumentasi mengenai karakteristik kebudayaan setempat, berfokus budaya yang khas. Analisa kompetitor sejenis dan target audiens juga menjadi fokus penulis selama proses perancangan berlangsung untuk menghadirkan positioning dan differensiasi dalam proses pengenalan merek. Selanjutnya Bentuk perancangan menerapkan proses stilasi untuk membangun desain yang terintegrasi dengan memenuhi prinsip-prinsip desain diantaranya memiliki kesatuan/unity dan irama/ritme, dilanjutkan dengan penerapan gaya desain yang mengadopsi gaya desain formal beradat. Hasil perancangan mencakup beberapa hal yakni penciptaan brandmark, brandname beserta tagline yang saling berkaitan dan berkesinambungan dalam strategi pengenalan merek Pulau Camba Cambang. Pengembangan dan penerapan Media Komunikasi Visual yang eksistensi karakter khas kabupaten Pangkep pada media utama maupun pendukung. Kata Kunci: Visual Branding, Pulau Camba Cambang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:26
Last Modified: 20 Jan 2020 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16527

Actions (login required)

View Item View Item