MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SMA BERKEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI STRATEGI PBLRQA DIPADU JURNAL BELAJAR

Hardianto, Hardianto and Daud, Firdaus and Bahri, Arsad (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SMA BERKEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI STRATEGI PBLRQA DIPADU JURNAL BELAJAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel_Hardianto_1614042004.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Keterampilan metakognitif merupakan keterampilan abad 21 yang harus dikembangkan selain kemampuan kognitif. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan metakognitif peserta didik yaitu strategi PBLRQA dipadu jurnal belajar. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui keterampilan metakognitif siswa SMA berkemampuan akademik berbeda yang diajar deng an strategi PBLRQA dipadu jurnal belajar pada pembelajaran biologi. 2) Untuk mengetahui keterampilan metakognitif siswa SMA berkemampuan akademik berbeda yang diajar dengan strategi PBL pada pembelajaran biologi. 3) Untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif siswa SMA berkemampuan akademik berbeda antara yang diajar dengan strategi PBLRQA dipadu jurnal belajar dan strategi PBL pada pembelajaran biologi. Pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design pola faktorial 2 x 2. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang terdiri atas 2 jenis yaitu strategi PBLRQA dipadu jurnal belajar dan PBL, sedangkan kemampuan akademik yang terdiri atas kemampuan akademik atas dan bawah sebagai variabel moderator. Variabel terikatnya adalah keterampilan metakognitif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, tes keterampilan metakognitif terintegrasi dengan hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan anakova. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Keterampilan metakognitif siswa SMA yang diajarkan dengan strategi PBLRQA dipadu jurnal belajar meningkat, hal ini didasarkan pada nilai total rerata pretest 23.16 menjadi total rerata posttest 71.36. 2) Keterampilan metakognitif siswa SMA yang diajarkan dengan strategi PBL meningkat, hal ini didasarkan pada nilai total rerata pretest 15.72 menjadi total rerata posttest 54.17. 3) Ada perbedaan keterampilan metakognitif siswa SMA berkemampuan akademik berbeda antara yang diajar dengan strategi PBLRQA dipadu jurnal belajar dan strategi PBL pada pembelajaran biologi. Kata Kunci: Keterampilan abad 21, Keterampilan metakognitif, Jurnal Belajar, Strategi PBLRQA, Strategi PBL, Kemampuan Akademik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:41
Last Modified: 17 Jan 2020 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16513

Actions (login required)

View Item View Item