MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TARI DENGAN MATERI TARI NDU-NDU NDAKE PADA SISWA KELAS VIII SMPEGERI 3 GALESONG UTARA

SARI, SWASTI MITA (2019) MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TARI DENGAN MATERI TARI NDU-NDU NDAKE PADA SISWA KELAS VIII SMPEGERI 3 GALESONG UTARA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal Swasti Mita Sari 1482040025.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SWASTI MITA SARI. Penelitian ini bertujuan agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan memperbaiki teknik menari tari Nusantara (Tari Ndundu Ndake) di kelas VIII SMP Negeri 3Galesong Utara Kabupaten Takalar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran tari untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Utara. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar tari siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Utara setelah menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. (1) Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD pada tari Ndu-ndu Ndake terbagi menjadi 5 tahap yaitu: Menyampaikan tujuan dan motivasi peserta didik, menyajikan informasi, mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok belajar, evaluasi, dan memberikan penghargaan dan dilaksanakan dengan dua siklus pembelajaran. (2) Hasil dari penerapan model kooperatif tipe STAD dinilai berdasarkan wiraga, wirasa, wirama, hafalan dan kekompakan dari siswa yang sudah dibagi menjadi 5 kelompok. Hasil dari evaluasi yang dilaksanakan secara keseluruhan yaitu para siswa sudah mengetahui teknik menari tari Ndu-ndu Ndake, hanya saja beberapa siswa belum mampu mempraktekkan secara maksimal tarian tersebut, mereka hanya perlu terus berlatih agar mereka dapat menarikan tari Ndu-ndu Ndake dengan baik. Tetapi secara keseluruhan penampilan mereka cukup baik saat menarikan tari Ndu-ndu Ndake tersebut. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 68,75 (46,5%) dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang. Sedangkan pada siklus II siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa yaitu 70,89 (75%) dengan siswa yang tuntas sebanyak 21 orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:39
Last Modified: 16 Jan 2020 07:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16497

Actions (login required)

View Item View Item