Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 24 Makassar

Yusriadi, Yusriadi (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 24 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Yusriadi,.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Yusriadi, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 24 Makassar. Skripsi. International Class Program., Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan keterampilan proses. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 SMP Negeri 24 Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pemberian lembar evaluasi belajar siswa, aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Analisis data secara kualitatif akan digunakan teknik kategori nilai hasil belajar. Kategori keterampilan pemecahan masalah matematika diambil dari hasil pengamatan di kelas. Analisis data secara kuantitatif akan mendeskripsikan kategori hasil belajar matematika siswa berdasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif adalah: (1) Hasil belajar matematika siswa pada tes awal terdapat 16 orang siswa (45,72%) yang belum tuntas belajar dan 19 orang siswa (54,28%) yang telah tuntas belajar. (2) Hasil belajar matematika siswa pada siklus I terdapat 9 orang siswa (25,71%) yang belum tuntas belajar dan 26 orang siswa (74,29%) yang telah tuntas belajar. (3) Hasil belajar matematika siswa pada siklus II terdapat 5 orang siswa (14,29%) yang belum tuntas belajar dan 30 orang siswa (85,71%) yang telah tuntas belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 11,42%. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya keterampilan siswa menjalankan langkah-langkah penyelesaian dengan pendekatan keterampilan proses. Kata kunci: keterampilan proses, hasil belajar. ABSTRACT Yusriadi, 2014. Improving Mathematics Achievement Through Process Skills Approach to Student on Grade VIII2 of Junior High School 24 Makassar. Thesis. International Class Program., Department of Mathematics. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Makassar. This type of research is Classroom Action Research. This study aims to improving mathematics achievement through process skills approach to student. The study subjects were students on grade VIII2 of junior high school 24 makassar the number of students by 35 people. Data was collected using an evaluation sheet provision of student learning, student activities, and student questionnaire responses. Data analysis techniques using qualitative and quantitative descriptive approach. Qualitative data analysis techniques will be used to learn the results of the value category. Category mathematical problem solving skills drawn from observations in the classroom. Data analysis will quantitatively describe the category of math learning outcomes of students based on minimum completeness criteria (KKM) set by the school. The results of the descriptive statistical analysis are: (1) The results of students' mathematics learning at the beginning of the test there were 16 students (45.72%) that has not been thoroughly studied, and 19 students (54.28%) which has been thoroughly studied. (2) The results of students' mathematics learning in the first cycle, there are 9 students (25.71%) that has not been thoroughly studied, and 26 students (74.29%) which has been thoroughly studied. (3) The results of students' mathematics learning in the second cycle there are 5 students (14.29%) that has not been thoroughly studied, and 30 students (85.71%) which has been thoroughly studied. From these results it can be concluded that an increase in student learning outcomes completeness of 11.42%. It can be seen from the increasing ability of students to carry out the steps to the completion of the process skills approach. Key word: skill process, achievement

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:30
Last Modified: 07 Dec 2016 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item View Item