MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENARI TARI PAKARENA ANIDA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TAKALAR

Yanti, Risda (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENARI TARI PAKARENA ANIDA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TAKALAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL RISDAYANTI.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Risda Yanti, 1282040045, 2019. Meningkatkan Keterampilan Menari Tari Pakarena Anida dengan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif Kualitatif dan Kuantitatif. Penelitian ini menerapkan metode demonstrasi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu: 1) Perencenaan, 2) Implementasi Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi dan tes ujuk kerja. Penelitian tindakan ini menjawab masalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran praktek Tari Pakarena Anida dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar?, 2) Bagaimana tingkat keterampilan menarikan Tari Pakarena Anida setelah diterapkan metode demonstrasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar?. Teknik Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Melalui pengamatan dari sebelum pelaksanaan tindakan sampai setelah pelaksanaan tindakan, keterampilan menari peserta didik meningkat yang dapat dilihat bahwa siswa sudah mampu melakukan gerak tari sesuai yang dicontohkan meliputi volume gerak, kekuatan, keseimbangan, kecepatan, dan kelenturan, siswa sudah mampu melakukan gerak tari dan menandai perpindahan gerak sesuai iringan tari, serta siswa sudah mampu mengekspresikan tarian berdasarkan tari yang ditarikan. 2) Keterampilan menari peserta didik yang dilihat dari aspek wiraga, wirama, dan wirasa meningkat dari siklus I ke siklus II, yang ditandai dengan adanya peningkatan skor rata-rata yang diperoleh dari tes unjuk kerja pada akhir siklus, yaitu aspek wiraga naik sebesar 0,3 atau 7,5%, aspek wirama sebesar 0,55 atau 13,75%, dan aspek wirasa sebesar 0,65 atau 16,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan menari Tari Pakarena Anida. 2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:25
Last Modified: 16 Jan 2020 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16489

Actions (login required)

View Item View Item