MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENARI TARI MELALUI MATERI TARI RANTAK DENGAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS XI MA BARHRUL ULUM KABUPATEN GOWA

P SANJATA, NURUL HALIMAH R. (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENARI TARI MELALUI MATERI TARI RANTAK DENGAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS XI MA BARHRUL ULUM KABUPATEN GOWA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal skripsi.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Abstrak : Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menjawab masalah: 1) bagaimana penerapan metode Drill dalam meningkatkan Keterampilan menari Tari Rantak pada siswa kelas XI MA Bahrul Ulum, 2) Bagaimana Peningkatan Keterampilan siswa menari Tari Rantak setelah diterapkan Metode Drill pada mata pelajaran Seni Budaya kelas XI MA Bahrul Ulum Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus, dimana siklus I dilakukan dengan mengadakan 3 kali pertemuan, dan siklus II dilakukan 4 kali Pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI MA Bahrul Ulum yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 12 perempuan, teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes unjuk kerja, observasi wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian: 1) Penerapan metode Drill pada pembelajaran seni budaya dengan materi Rantak dilakukan II siklus, pada siklus I, setelah memberikan materi tari Rantak hasil observasi yang didapat ditemukan kendala kurang aktif dan canggung maka pembelajaran tari dengan metode Drill perlu dikembangkan, maka perlu dilanjutkan pada siklus II. Penerapan siklus II dengan melaksnakan kembali pembelajaran tari Rantak dengan menggunakan metode Drill dengan memberikan motivasi dan peringatan keras terhadap siswa, sehingga lebih meningkatkan porsi belajar pada tahap siklus II. 2) Peningkatan nenunjukan hasil kesuluruhan siswa pada siklus II sebesar 75% dari 70% nilai siswa. Dengan masing-masing aspek penilaian yaitu wiraga 82% dari 71%, wirama 81,5% dari 70,2% Wirasa 80,% dari 60,6%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I sampai Siklus II peningkatan Keterampilan menari Tari melalui materi tari Rantak dengan Metode Drill dalam pembelajaran Seni Budaya pada siswa kelas XI MA Bahrul Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:07
Last Modified: 16 Jan 2020 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16477

Actions (login required)

View Item View Item