PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANSEMEN LAGU PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 BULUTABA

Mas, Irfan Efendi S (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANSEMEN LAGU PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 BULUTABA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irfan Efendi S.Mas, 2019. Meningkatkan kemampuan aransemen Seni musik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe group investigation pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bulutaba. Skripsi. Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah hasil ketuntasan belajar Seni Budaya siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bulutaba secara klasikal dalam pembelajaran Seni Budaya belum mencapai nilai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang dapat meningkatkan hasil belajar seni musik pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bulutaba (2) Bagaimana peningkatan kemampuan aransemen siswa kelas XI IPA 1 setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran group investigation terhadap mata pelajaran ini dapat diterima dengan baik. Ini terlihat dari siswa yang awalnya malu mengemukakan pendapatnya depan kelas, akhirnya lebih berani dan percaya diri mengemukakan pendapatnya didepan kelas. Model pembelajaran ini memotivasi siswa untuk aktif dan terus belajar dalam proses pembelajaran. Disamping itu siswa menjadi lebih aktif, antusias dan tertarik mengikuti proses pembelajaran seni musik dimana siswa mampu bekerja sama dengan anggota kelompoknya serta mampu meningkatkan tanggung jawab individu maupun kelompok. Adapun hasil belajar seni musik siswa sebagai baerikut. Rata-rata nilaisiswaadalah 55,79% di kondisiprasiklus, 70,91 disiklus I, 77,5 di siklus II. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah apabila minimal 75% siswamencapainilai KKM yaitu70.Data ketuntasanbelajarklasikalsecaraberturutturutadalah9,09% di kondisiprasiklus, 45,45% padasiklus I, danpadasiklus II 86,36%. Data-data di atas ditafsirkan dengan rentang kualitatifmenunjukkankategorisangat kurang pada kondisi prasiklus, kurang di kondisisiklus I, sanga tbaik di siklus II.Berdasarkan data-data di atas dapat ditunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar seni musik pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bulutaba Tahun Pelajaran 2018-2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:40
Last Modified: 15 Jan 2020 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16461

Actions (login required)

View Item View Item