Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Konseptual Tempo Siswa Kelas VIII3 Di SMP Negeri 12 Bulukumba

SYARIFUDDIN, SYARIFUDDIN (2014) Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Konseptual Tempo Siswa Kelas VIII3 Di SMP Negeri 12 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SYARIFUDDIN.docx

Download (13kB)

ABSTRAK SYARIFUDDIN. 2014. Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Konseptual Tempo Siswa Kelas VIII3 Di SMP Negeri 12 Bulukumba (Dibimbing oleh Abdul Rahman dan Ilham Minggi). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif konseptual tempo siswa kelas VIII3 di SMP Negeri 12 Bulukumba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Tes Gaya Kognitif Konseptual Tempo atau Matching Familiar Figure Test (MFFT), (2) Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (TKPMM), (3) Pedoman Wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 di SMP Negeri 12 Bulukumba berdasarkan gaya kognitif konseptual tempo, yaitu kognitif impulsif 1 orang dan gaya kognitif reflektif 1 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang bergaya kognitif impulsif (SI) terhadap soal yang hanya satu penyelesaian dan soal yang banyak penyelesaian adalah: (a) memahami masalah kategori sangat baik untuk soal yang memiliki satu penyelesaian, tetapi untuk soal yang memiliki banyak penyelesaian kategori baik, (b) merencanakan penyelesaian masalah kategori baik untuk soal yang hanya satu penyelesaian, tetapi pada soal yang banyak penyelesaian kategori sangat baik, (c) menyelesaikan masalah kategori cukup untuk soal yang hanya satu penyelesaian, tetapi untuk soal yang yang banyak penyelesaian kategori sangat baik, (d) memeriksa kembali seluruh rangkaian langkah-langkah pemecahan masalah kategori cukup untuk soal yang hanya satu penyelesaian maupun untuk soal yang banyak penyelesaian. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang bergaya kognitif reflektif (SR) terhadap soal yang hanya satu penyelesaian dan soal yang banyak penyelesaian adalah: (a) memahami masalah sangat baik pada soal yang hanya satu penyelesaian maupun untuk soal yang yang banyak penyelesaian, (b) menyusun rencana penyelesian masalah sangat baik pada soal yang hanya satu penyelesaian maupun soal yang banyak penyelesaian, (c) menyelesaikan masalah kategori baik untuk soal yang hanya satu penyelesaian, tetapi untuk soal yang banyak penyelesaian kategori cukup, (d) memeriksa kembali seluruh rangkaian langkah-langkah pemecahan masalah kategori cukup untuk soal yang hanya satu penyelesaian maupun untuk soal yang banyak penyelesaian. ABSTRACT SYARIFUDDIN. 2014. Exploration on the Ability to Solve Mathematics Problem Based on The Students’ Cognitive Style of Conceptual Tempo of Grade VIII3 in SMPN 12 Bulukumba (Supervised by Abdul Rahman and Ilham Minggi) The study is a qaulitative research which aims at exploring the ability to solve Mathematics problem based on students’ cognitive style of conceptual tempo of grade VIII3 in SMPN 12 Bulukumba. The instrumen used in the study is (1) test of cognitive style of conceptual tempo or Matching Familiar Figure Test ( MFFT), (2) test in solving Mathematics problem, and (3) interview guidance. The subjects of the study were grade VIII3 students in SMPN 12 Bulukumba, consisted of 1 student of impulsive cognitive style and 1 student of reflective cognitive style. The result of the study revealed that student’s ability to solve Matematics problem with impulsive cognitive style (SI) toward with one solution and problem with many solution were : (a) understanding the problem was categorized as excellent for the problem with one solution, however, the problem with many solutions was categorized as good, (b) planning to solve the problem was categorized as good for problem with one solution; however, the problem with many solution was categorized as excellent, (c) solving the problem was categorized as fair for problem with one solution; however, problem with many solutions was categorized as excellent, (d) rechecking the steps to solve the problem was categorized as fair for problem with one solution and many solution. The student’s ability to solve Mathematics problem with reflective cognitive style (SR) toward problem with one solution and problems with many solutions were: (a) understanding the problem was categorized as excellent for the problem with one solution and many solution, (b) planning to solve the problem was categorized as excellent for problem with one solution and many solutions, (c) solving the problem was categorized as good for problem with one solution; however, problem with many solution wascategorized as fair. (d) rechecking the steps to solve the problem was categorized as fair for problem with one solution and many solution.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:21
Last Modified: 07 Dec 2016 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item