Hubungan Antara Pengetahuan Penggunaan Alat Ukur dan Hasil Belajar Praktik Kerja Mesin Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif

Normah, Ryan Suharyadi A. and Rusyadi, Rusyadi and Saharuna, Saharuna (2020) Hubungan Antara Pengetahuan Penggunaan Alat Ukur dan Hasil Belajar Praktik Kerja Mesin Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan: Hubungan antara pengetahuan penggunaan alat ukur dan hasil belajar peraktik kerja mesin mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang bersifat deskriptif kuantitatif, dengan jumlah populasi sebanyak 113 orang mahasiswa dan jumlah sampel yang di teliti sebanyak 66 orang mahasiswa di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Data penelitian diperoleh dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Tingkat pengetahuan penggunaan alat ukur mahasiswa pada kategori sangat tinggi sebanyak 58 (88%)orang mahasiswa. Hasil belajar praktik kerja mesin mahasiswa dari sampel 66 mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Univeritas Negeri Makassar terdapat 30 (46%) orang mahasiswa memiliki kecenderungan prestasi belajar dalam kategori sangat tinggi, 25 (38%) orang mahasiswa memiliki kecenderungan hasil belajar dalam kategori tinggi, 7 (10%) orang mahasiswa dalam kategori rendah dan 4 (6%) orang mahasiswa memiliki kecenderungan hasil belajar dalam kategori tidak lulus. Ho ditolak. Artinya ada hubungan antara pengetahuan penggunaan alat ukur dan hasil belajar praktik kerja mesin. Maka dapat ditarik kesimpulan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan penggunaan alat ukur dan hasil belajar praktik kerja mesin (Y). Dimana koefisien korelasi (r) yaitu sebesar 0,955 dengan taraf signifikansi< 0,005 Kata kunci: Pengetahuan, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:55
Last Modified: 15 Jan 2020 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16456

Actions (login required)

View Item View Item