PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES 3/77 ARASOE KECAMATAN CINA KABUPATEN BONE

ALFIANTI, EVI and latief, M. Ali and Pada, Amir (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES 3/77 ARASOE KECAMATAN CINA KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK, Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran Problem Solving dalam pembelajaran IPS siswa kelas V, mengetahui gambaran hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas V dan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas adalah penggunaan problem solving dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SD Inpres 3/77 Arasoe Kecamatan Cina Kabupaten Bone yang jumlah siswanya 267 siswa, sampel penelitian kelas V dengan jumlah 50 siswa . Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas VA 25 menggunakan model pembelajaran problem solving dan kelas VB 25 orang tidak menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel diambil dengan teknik porposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistic dan analisis deskriptif inferensial. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran problem solving dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Inpres 3/77 Arasoe Kecamatan Cina Kabupaten Bone berada pada kategori baik, hasil belajar IPS siswa pada kelas eksperimen pada umumnya berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori rendah, dan ada pengaruh positif penggunaan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Inpres 3/77 Arasoe Kecamatan Cina Kabupaten Bone.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 07 Jan 2020 04:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16395

Actions (login required)

View Item View Item