Pengembangan Perangkat Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Inkuri Berbantuan Media Geogebra Untuk Siswa Kelas XII IPA SMA

SAMSUMARLIN, SAMSUMARLIN (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Inkuri Berbantuan Media Geogebra Untuk Siswa Kelas XII IPA SMA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SAMSUMARLIN..docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK SAMSUMARLIN. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Inkuri Berbantuan Media Geogebra Untuk Siswa Kelas XII IPA SMA (Dibimbing oleh Djadir dan Hisyam Ihsan). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran pada pokok bahasan Transformasi Geometri, dengan pembelajaran Berbasis Inkuiri berbantuan media Geogebra. Perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan yaitu Buku Guru (BG), Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (developmental research). Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran Transformasi Geometri berbasis Inkuiri berbantukan media Geogebra yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Produk tersebut terdiri dari Empat komponen, yaitu: buku guru (BG), buku siswa (BS), lembar kegiatan siswa (LKS), dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dengan pertimbangan efisien waktu pengembangan keempat perangkat pembelajaran tersebut dilaksanakan uji coba dengan kata lain, pada saat mengembangkan perangkat pembelajaran dikembangkan pula instrumen yang terkait dengan perangkat pembelajaran tersebut. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D yang meliputi 4 tahap, yaitu: (a) tahap pendefinisian (define). Pada tahap ini dilakukan kajian tentang: (1) analisis awal akhir, (2) analisis siswa, (3) analisis konsep, dan (4) analisis tugas (5) Spesifikasi tujuan pembelajaran, (b) tahap perancangan (design). Pada tahap ini dirancang pembelajaran model kooperatif berbasis Inkuiri dengan menggunakan bantuan media Geogebra. Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini, meliputi: (1) penyusunan tes, (2) pemilihan format, dan (3) perancangan awal perangkat pembelajaran (prototipe) (4) pemilihan media, (c) tahap pengembangan (develop). Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini, meliputi: (1) penafsiran ahli, (2) mengadakan uji coba lapangan prototipe perangkat pembelajaran yang telah disusun, dan (d) tahap penyebaran (disseminate). Pada tahap ini dilakukan sosialisasi terbatas dan penyebaran perangkat pembelajaran untuk memperoleh saran-saran perbaikan dari guru-guru pada MGMP matematika. Uji coba pada penelitian ini dilakukan satu kali. Uji coba dilakukan pada kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Pasui. Hasil pengembangan perangkat yang diperoleh yaitu (1)Rancangan Pelaksanaan pembelajaran dan Lembar Kegiatan Siswa berada dalam kategori Sangat Valid berdasarkan penilaian para ahli kecuali buku siswa hanya di kategori Valid, (2) Praktis, berdasarkan hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran oleh observer menyatakan bahwa perangkat pembelajaran terlaksana dengan baik pada saat uji coba, dan (3) efektif karena telah memenuhi tiga kriteria keefektifan perangkat pembelajaran yang meliputi : ketuntasan klasikal telah tercapi, aktivitas siswa sudah sesuai yang diharapkan, siswa memberikan respon positif terhadap perangkat dan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran ABSTRACT SAMSUMARLIN. 2013 Develoving Learning Package of Inqury-based Geometric Transformation with Geogebra Media Aids of Grade XII Science Student in SMAN 1 Pasui (Supervised by Djadir and Hisyam Ihsan). The study aimed at developing the learning package on the subject of Geometric Transformation by employing inquiry-based with Geogebra media aids The learning package developed was teacher’s manual, student’s book student’s workbook, and lesson plan. The study was developmental research. The intended produck of the study was the learning package of inquiry-based Geometric Transformation with Geogebra Media Aids which fulfiled the criteria of valid, practical, and effective. The product consisted of four components, namely teacher’s manual, student’s book, student’s workbook, and lesson plan. When developing the learning package, the instrument related the learning package was also developed considering time efficiency. The process of developing learning package employed 4-D model which consisted of four stage : (1) defening stage, which consisted of a) pre and post analysis, b) student anlysis, c) conceptnanalysis and d) taks analysis; (2) design stage, which design inqury-based cooperative model with Geogebra media aids. The activities covered a) test arrangement, b) format selection, and c) prototype design; (3) developing stage, which consisted of a) iterpretation by the expert, b) field tried out of prototyfe; and (4) dissemination stage, which conducted limited sicialization and dissemination of the learning package to obtain feedback from teacher at MGMP mathematics. The tried out was conducted once at grade XII IPA 2 in SMAN 1 Pasui. The result of the study revealed that the lesson plan and student’s workbook were in extremely valid category based on the assessment of the experts except student’s book which was in valid category. The learning package was practical besed on the observation of learning management conducted by the observer who comfirmed that the learning package was well conducted at the try out. The learning package was effective because it fulfilled three criteria of effectiveness which covered the achievement of classical mastery, student’s activities achieved the expected standard, student’s gave positive response toward the learning package and the implementation of learning activities.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:53
Last Modified: 07 Dec 2016 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item