Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Himpunan Untuk Siswa Kelas VII SMP

SALMAH, SALMAH (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Himpunan Untuk Siswa Kelas VII SMP. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SALMAH.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK SALMAH. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Himpunan Untuk Siswa Kelas VII SMP. (Dibimbing oleh Komisi Penasehat Nurdin dan Anggota Muhammad Darwis) Salah satu faktor penentu hasil belajar peserta didik adalah model dan pendekatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama pelaksanaan proses pembelajaran. Peserta didik tidak hanya menerima pengetahuan tetapi mampu mengkonstruk pengetahuan tersebut dengan berbagai aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Olehnya itu perlu adanya rancangan pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan himpunan yang valid, praktis, dan efektif untuk peserta didik kelas VII SMP berdasarkan kurikulum 2013 yang diujicobakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pangsid tahun Pelajaran 2014/2015. Proses pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang diadaptasi dari Tiagarajan, yang dikenal dengan model 4-D (four D models) dengan urutan tahapan pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria: (1) valid menurut penilaian ahli secara rasional teoretik yang kuat dan memiliki konsistensi internal, yakni terjadi saling keterkaitan antar komponen dalam perangkat, (2) Praktis, yakni keterlaksanaan dalam pengelolaan pembelajaran termasuk dalam kategori baik atau sangat baik menurut penilaian pengamat dan validator, (3) Efektif, Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi 3 dari 4 kriteria keefektifan, yaitu: (1) ketercapaian hasil belajar yaitu 85% peserta didik mencapai penguasaan bahan ajar minimal 70% (mencapai skor minimal 70 untuk rentang 0 – 100), (2) aktivitas peserta didik selama kegiatan belajar memenuhi kriteria toleransi waktu yang telah ditetapkan, (3) lebih dari 50% peserta didik memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran melalui pendekatan saintifik yang meliputi respon terhadap proses pembelajaran, buku peserta didik dan LKPD. Hasil penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran pokok bahasan himpunan tersebut diatas, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, praktis, dan efektif digunakan lebih lanjut oleh para guru Matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran berbasis masalah, saintifik, valid, praktis, dan efektif. ABSTRACT SALMAH. 2014. The Development Of Problem-based Learning Tools With Scientific Approach on Set Learning Subject for Class VII Students in Junior High School (Supervised by Nurdin and Muhammad Darwis) One of the determinants factors of the students’learning outcome is the model and learning approach carried out by the teacher during the learning process. The students do not only receive knowledge but can also construct the knowledge by the multiple learning activities, so they are able to implement it in the daily life. Hence, it is necessary to have a valid, practical, and effective learning design to be applied. The type of recearch used is developmental research that aims to produce problem-based learning tools with scientific approach on a valid, practical, and effective set learning subject of class VII students in Junior High School based on the curriculum 0f 2013 tested to class VII students in SMP Negeri 3 Pangsid of academic year 2014/2015. The developmental prosess in this research refered to the developmental model adapted from Tiagarajan, known as 4-D model and the sequence of developmental stages were defining stage (define), designing stage (design), developmental stage (develop), and disseminating stage (disseminate). The result showed that the learning tools developed meet the criteria: (1) valid according to the assesment of expert which strongly theoreetically rational and had internal consistency, interrelations among the components in the tools; (2) Practical, the eimplementation of learning management included was in gpood or very good category based on the assesment of observer and validator. (3) effective, the learning tools developed hed met 3 of 4 criterial of effectivenes. Those were: the achievement of learning outcome that 85% students achieved the mastery of learning masterial minimally 70% (achieving the minimum score of 70 for the range 0-100), the students’ activities during the learning prosess fulfilled the set time-tolerance criteria, and more than 50% students gave the positive response on the learning implementation with scientific approach consisted of the response on the learning prosess, the students’ book, LKPD. The research result and the development of learning tool to the subject of set as the result of experiment above show that developed learning tool has fulfilled the valid, practical, and effective criteria used futher by mathematics teacher in Junior High School. Key word: The Development Of Problem-based Learning Tools, scientific, valid, practical, and effective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:47
Last Modified: 07 Dec 2016 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item View Item