Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Yang Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat Untuk Menumbuhkembangkan Budaya Kesatria Dan Integritas Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Provinsi Sulawesi Selatan

Mulbar, Usman and Purnamawati, Purnamawati and Minggi, Ilham (2013) Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Yang Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat Untuk Menumbuhkembangkan Budaya Kesatria Dan Integritas Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Provinsi Sulawesi Selatan. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA.1 benar.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Laporan Penelitian)
Peer Review Laporan Penelitian - PMP.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran matematika yang memanfatkan sistem sosial masyarakat untuk menumbuhkembangkan budaya kesatria dan integritas diri siswa Sekolah Menengah Pertama di Provinsi Sulawesi Selatan (Mode pembelajaran sismat) yang dapat mendukung pelaksanaan kurikulum tahun 2013 dalam penerapannya di Provinsi Sulawesi Selatan. Karena itu, jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Hasil yang diperoleh, yaitu: Pertama, proses pengujian awal (validasi) menunjukkan bahwa model pembelajaran sismat dinyatakan valid. Kedua, secara teoretis, berdasarkan hasil penilaian ahli model pembelajaran sismat dinyatakan layak diterapkan. Secara empiris, berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran sismat dinyatakan sudah memenuhi kriteria kepraktisan. Ketiga, berdasarkan hasil observasi model pembelajaran sismat memenuhi kriteria keefektifan (ketuntasan hasil belajar, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan respon siswa dalam pembelajaran).

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:05
Last Modified: 30 Dec 2019 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16354

Actions (login required)

View Item View Item