Purnamasari, Ita and Tawil, Muhammad and Khaeruddin, Khaeruddin (2019) ANALISIS KETERCAPAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMAN SEKOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
ARTIKEL ITA PURNAMASARI.pdf Download (447kB) | Preview |
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih rendah. keterampilan berpikir kritis menghasilkan skor rata-rata sebesar 53,13 dengan persentase indikator interpretasi, analisis, inferensi, dan eksplikasi masing-masing 32%, 27%, 23%, dan 18%. Berdasarkan pembagian gender, skor keterampilan berpikir kritis peserta didik laki-laki dan perempuan masing-masing 21,5 dan 31,3. Keterampilan berpikir kreatif menghasilkan skor rata-rata sebesar 59,38 dengan persentase indikator memprediksi, menemukan sebab-sebab, dan menerka akibat dari suatu sebab kejadian masing-masing 39%, 32%, dan 29%. Berdasarkan pembagian gender, skor keterampilan berpikir kreatif peserta didik laki-laki dan perempuan masing-masing 24,6 dan 34,8. Keterampilan pemecahan masalah menghasilkan skor rata-rata sebesar 24,88 dengan persentase indikator memvisualisasikan masalah, mendeskripsikan masalah, merencanakan dan menerapkan strategi, serta mengevaluasi strategi masing-masing 29%, 31%, 14%, dan 26%. Berdasarkan pembagian gender, skor keterampilan pemecahan masalah peserta didik laki-laki dan perempuan masing-masing 10,2 dan 14,7. Keterampilan pengambilan keputusan menghasilkan skor rata-rata sebesar 33,41 dengan persentase indikator membuat pernyataan dari berbagai informasi, menentukan pilihan, mengevaluasi pilihan, dan mengambil keputusan masing-masing 40%, 22%, 16%, dan 22%. Berdasarkan pembagian gender, skor keterampilan pengambilan keputusan peserta didik laki-laki dan perempuan masing-masing 13,6 dan 19,8. Kata Kunci: kritis, kreatif, pemecahan masalah, pengambilan keputusan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 05:06 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 05:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16339 |
Actions (login required)
View Item |