Analisis Kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal- soal operasi hitung bilangan bulat ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas IV SD Negeri 2 Batulo Kecamatan Wolio Kota Baubau

ARMIN, RISMAYANI (2015) Analisis Kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal- soal operasi hitung bilangan bulat ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas IV SD Negeri 2 Batulo Kecamatan Wolio Kota Baubau. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RISMAYANI ARMIN.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK RISMAYANI ARMIN, 2015. Analisis Kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal- soal operasi hitung bilangan bulat ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas IV SD Negeri 2 Batulo Kecamatan Wolio Kota Baubau (Dibimbing oleh Ilham Minggi dan Asdar). Konsep dalam pembelajaran matematika merupakan unsur mendasar yang harus dipahami oleh siswa. Selain konsep, langkah-langkah dan operasi dalam pembelajaran matematika juga sangat penting untuk dipahami. Dengan langkah-langkah serta operasi dalam matematika maka akan memudahkan siswa dalam menggunakan simbol-simbol matematika dan menyusun langkah-langkah dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah (i) Kesalahan-kesalahan apa yang dominan dilakukan oleh siswa kelas IV SD Negeri 2 Batulo Kecamatan Wolio Kota Baubau dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung bilangan bulat ditinjau dari gaya kognitifnya; dan (ii) Faktor-faktor dominan apa yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung bilangan bulat dikelas IV SD Negeri 2 Batulo kecamatan Wolio kota Baubau ditinjau dari Gaya Kognitifnya. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes diagnostik dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari empat orang, dua subyek gaya kognitif tinggi Field Independent (FI) dan dua subyek gaya kognitif Field dependent (FD) berdasarkan hasil Tes GEFT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) kesalahan konsep, prinsip dan operasinya cenderung terjadi pada subjek yaitu kelompok FD tidak menyebutkan atau menuliskan syarat untuk menyelesaikan soal. Kesalahan konsep, prinsip serta operasinya yaitu kurang tepat dalam mengidentifikasi unsur-unsur dalam bilangan bulat terutama penempatan simbol, langkah-langkah dan nilai tempat penyelesaian dan kurang tepat dalam memaparkan langkah penyelesaian secara sistematis. Kesalahan prinsip dan operasi terjadi pada subjek yakni kelompok FI yaitu kurang tepat dalam menjelaskan langkah-langkahnya, kesalahan yang lain adalah kurang tepat dalam perhitungan untuk subjek FI yaitu keteraturan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal; (ii) penyebab terjadinya kesalahan konsep antara lain adalah tidak mengerti dengan syarat-syarat untuk menyelesaikan soal, sulit memahami simbol, bahkan tanda negatif dalam menyelesaikan langkah penyelesaian, siswa lebih cenderung mengingat daripada memahami, kurang memahami langkah-langkah operasi perkalian, dan sering melupakan materi pelajaran yang sudah lewat. Penyebab terjadinya kesalahan prinsip antara lain adalah tidak mengerti operasi kadang salah langkah pengerjaan atau memutarbalikkan tanda arah dan tanda operasinya, kesulitan terhadap simbol-simbol,siswa merasa bingung dalam memecahkan soal terkadang memiliki penyelesaian ‘terbalik-balik’,dan siswa masih merasa bingung jika menemui perhitungan yang melibatkan tanda positif (+) dan negatif (-). ABSTRACT RISMAYANI ARMIN. 2015. Analysis of Students Errors in Answering the Questions of interger Arithmetic Operations on Cognitif Style of Class IV Students at SDN 2 Batulo in Wolio Subdistrict of Baubau (Supervised by Ilham Minggi and Asdar). Concept in mathematics learning is the basic element which should be understood students. Other than concept, step oeration in Mathematicslearning in essential to be comprehended as well. The steps and operations will assist students in using Mathematics symbol an arranging steps in answering the questions. The study aims at examining (i) the dominant errors conducted by class IV students at SDN 2 Batulo in Wolio Subdistrict of Baubau (ii) the dominant factors causes the students error in answering the questions of interger arithmetic operations in class IV at SDN 2 Batulo in Wolio subdistrict of Baubau based on cognitive style. The study is categorized as descriptive qualitative approach. Data is collected through diagnostic test and interview. The subjects of the study are four people consist of two subjects with field Independent (FI) cognitive style of and two subjects of field dependent (FD) cognitive style based on the result og GEFT test. The results of the study reveal that (i) the errors in concept, principle, and operations tend to be conducted by the FD subjects by not stating or writing the requirement to answer the questions. The aforementioned errors are inappropriate in identifying the elements in integers, particularly the placement of symbols, steps and score of placement and inappropriate in describing systematic answering steps. The errors in principle and operation conducted by FI subjects which is inappropriate in describing the steps and inappropriate in counting on regularity steps in answering the questions, (ii) the causes of errors in concepts among others are incomprehension of requirement to answer and question, problems in comprehending symbol, negative symbol in solving problems, students tend to memorize than comprehend it, lack of understanding of steps of multiplication operation, and forget the previous learning material. The causes of errors in principle among others are incomprehension of operation, misstep in working on the questions or twist direction sign and operation sign, problem symbols, students are confused in solving questions of integer arithmetic operations, and students are confused when the question involves positive (+) and negative (-) sign.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:36
Last Modified: 07 Dec 2016 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item