PENERAPAN PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BERMAIN KACAPING SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MUSIK BERMUATAN LOKAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 BONE, FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Haeril, Faried Khad (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BERMAIN KACAPING SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MUSIK BERMUATAN LOKAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 BONE, FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal faried.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Faried Khad Haeril, 2019. Penerapan Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Kacaping Sebagai Sarana Pengembangan Pendidikan Musik Bermuatan Lokal Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMAN 1 Bone, Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang (1) Bagaimana proses penerapan pembelajaran teknik dasar bermain kacaping sebagai sarana pengembangan pendidikan musik bermuatan lokal pada kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Bone (2) Faktor apa yang mempengaruhi proses penerapan pembelajaran teknik dasar bermain kacaping sebagai sarana pengembangan pendidikan musik bermuatan lokal pada kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Bone.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptik. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara langsung denggan guru dan siswa,observasi dilakukan di awal dan praktik. hasil penelitian adalah (1) Penerapan pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu teori dan praktek yang dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan.pertemuan pertama instruktur memberikan pemahaman tentang kacaping yaitu menjelaskan bagian-bagian kacaping dengan menggunakan metode driil atau latihan, pertemuan kedua instruktur memberikan pemahaman tentang tentang nada dasar solmisasi dan beberapa Teknik slur,pertemuan ketiga mulai melakukan praktek yaitu dengan posisi tangan memegang kacaping ,cara memetik senar dengan baik, dan Teknik penjarian, pertemuan keempat dan lima melaksanakan praktek dengan memainkan lagu indo logo. (2) Beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran yaitu, faktor pendukung meliputi faktor internal meliputi psikologi anak, Faktor eksternal yaitu sarana dan prasana dan minat siswa.faktor penghambat yang meliputi minat siswa dan motivasi, faktor eksternal yaitu kurangnya dukungan dari teman sekitar dan kurang perhatian orang tua terhadap siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:07
Last Modified: 30 Dec 2019 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16326

Actions (login required)

View Item View Item