PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN KECAPI PADA SISWA KELAS X RPL SMK KARTIKA XX-1 MAKASSAR

WAHIDIN, ARDI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN KECAPI PADA SISWA KELAS X RPL SMK KARTIKA XX-1 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ARDI WAHIDIN, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Kecapi Pada Siswa Kelas X RPL di SMK kartika XX-1 Makassar. Skripsi Fakultas Seni dan Desain. Universitas Negeri Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Kecapi Tradisional Pada Siswa Kelas X RPL di SMK kartika XX-1 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru , dan siswa. Data dianalisis dengan refleksi data, setelah itu data disajikan dan yang terakhir adalah mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa, dan mampu memainkan teknik kecapi tradisional. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data-data yang dihasilkan dan dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Pembelajaran Tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan siswa bermain kecapi berjalan dengan baik dan menghasilkan hal positif pula, siswa melewati setiap tahapan ,dengan semangat dan antusias dikarenakan pembelajaran ini pertama kali didapatkan oleh siswa ,hal ini membuat siswa mendapatkan pengetahuan yang baru tentang bagaimana bermain teknik dasar kecapi (2) Peningkatan keterampilan siswa dalam bermain kecapi di SMK Kartika XX-1 Makassar berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain kecapi dengan menggunakan dua indikator yaitu, teknik petik dan teknik penjarian. Mencapai pening katan siswa dalam memainkan kecapi , dimana siswa yang memperoleh nilai tertinggi yaitu 84 dan terendah nilai 70. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan dibanding dengan nilai hasil yang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:16
Last Modified: 30 Dec 2019 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16315

Actions (login required)

View Item View Item