Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Selayar, Materi pokok Segiempat

ARAFAT, NUR YASSER (2015) Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Selayar, Materi pokok Segiempat. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NUR YASSER ARAFAT.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK NUR YASSER ARAFAT. Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Selayar, Materi pokok Segiempat (dibimbing oleh Arif Tiro dan Nurdin Arsyad) Jenis penelitian ini adalah penelitian unit satuan eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui perbandingan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model kooperatif tipe NHT pada materi Segiempat. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) aktivitas siswa, (2) respons siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Selayar dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen I diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas eksperimen II diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 81, median 80, modus 80 dan standar deviasi 7,5. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan P < 0,001. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berada pada kategori sedang dengan rata-rata 77, median 75, modus 75 dan standar deviasi 6,04. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, diperoleh nilai P < 0,001. Aktivitas siswa dalam pebelajaran minimal berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan materi pokok segiempat dikelas VII SMP Negeri 2 Selayar. ABSTRACT NUR YASSER ARAFAT. The Comparasion of the Effectiveness of Cooperative Learning Model of TPS (Think Pair Share) Type and Cooperative Learning Model of NHT (Numbered Heads Together) Type in Class VII students at SMP Negeri 2 Selayar on Quadrilateral Subject Material (supervised by Arif Tiro and Nurdin Arsyad). This is an experimental research which aims to examine the comparison between the effectiveness of cooperative learning model of TPS type and cooperative learning model of NHT type in quadrilateral material. The comparative effectiveness is seen from students’ activities, students’ responses, and students’ learning outcomes. The populations in this study were allseventh grade students of SMP Negeri 2 Selayar. The samples were selected using random sampling techniques and obtained two classes, namely experimental class I taught using cooperative learning model of TPS type andexperimental class II taught using cooperative learning model of NHT type. The data collection consisted of data of students’ learning outcome, students’ learning activities, and students’ response on the instrument and learning. Data of students’ learning outcomes were analyzed using descriptive analysis and inferential analysis. The results showed that the learning outcomes of students who were taught through cooperative learning model of TPS type was in high category by mean score of 81, median 80, mode 80 and standard of deviation 7,5. There was a significant increase in the ability of students from pre-test to post-test with P < 0,001. Students’ learning activities were in good category as well as students’ responses on the instrument and learning were in positive category. Learning outcomes of students who were taught through cooperative learning model of NHT type was in fair category by an average of 77, median 75, mode 75 dan standard of deviation 6,04. There was a significant incease occurred on students’ ability from pre-test to post test by the value of P < 0,001. Students’ activity in minimum learning was in good category as well as students’ responses on the learning were in positive category. The result of hypothesis test at the significant level α=0,05 with a t-test shows that cooperative learning model of TPS type is more effective than cooperative learning model of NHT type in quadrilateral material in class VII students at SMP Negeri 2 Selayar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:15
Last Modified: 07 Dec 2016 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item