PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMPN 3 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

HARTINI, SRI DEWI (2019) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMPN 3 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal format pdf.pdf

Download (963kB) | Preview

Abstract

Sri Dewi Hartini, 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMPN 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Skripsi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing Oleh Prof. Dr. Chalid Imran Musa, M.Si dan M. Ikhwan Maulana Haeruddin, SE., MHR. MGT. Ph.D Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif survei untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan dan variabel terikat adalah kinerja guru. Data kualitatif dan kuantitatif dikumpulkan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan pemberian angket tentang gaya kepemimpinan dan kinerja guru. Dilakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis setelah data penelitian dinyatakan valid dan reliabel. Analisis temuan penelitian yang dikemukakan dalam bab sebelumnya menghasilkan kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Marioriwawo adalah gaya kepemimpinan transformasional dengan tingkat kinerja guru yang sangat baik dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMP Negeri 3 Marioriwawo Kabupaten Soppeng sebesar 43,4% dengan nilai signifikansi sebesar 0,05 dan nilai t hitung sebesar 0,024. Kata kunci: gaya kepemimpinan transformasional, standar kinerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Dec 2019 08:38
Last Modified: 26 Dec 2019 08:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16257

Actions (login required)

View Item View Item