Pengaruh Metode Mengajar dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Kabupaten Maros

LATIF, NILA SARI (2013) Pengaruh Metode Mengajar dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Kabupaten Maros. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NILA SARI LATIF..docx

Download (20kB)

ABSTRAK NILA SARI LATIF. 2013. Pengaruh Metode Mengajar dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Kabupaten Maros(dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Awi Dassa). Penggunaan metode mengajar yang tepat akan menentukan efektifitas dan efisiensi pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Disamping metode mengajar yang digunakan guru perhatian akan perbedaan karakteristik siswa juga sangat menentukan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan pemilihan metode mengajar yang tepat dalam pembelajaran matematika dengan memperhatikan perbedaan gaya kognitif siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode mengajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsS Kabupaten Maros. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada MTsS di Kabupaten Maros tahun ajaran 2012/2013 yang berasal dari 9 (sembilan) MTsS dengan peringkat akreditasi “C”. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah dua MTsS yang ada di Kabupaten Maros, yakni MTsS DDI Hasanuddin dan MTsS Darul Muttaqin dengan jumlah masing-masing siswa kelas VIII adalah 22 orang. Ada dua macam variabel dalam penelitian ini, yaitu: (1) variabel bebas yang terdiri atas metode mengajar dan gaya kognitif siswa, dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Metode mengajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah metode penemuan dan metode ekspositori. Sedangkan gaya kognitif yang dimaksud adalah gaya kognitif field independent (FI) dan gaya kognitiffield dependent (FD). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes gaya kognitif GEFT, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisis varians dua jalur (Two-Way ANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsS Kabupaten Maros dipengaruhi oleh metode mengajar dan gaya kognitif siswa. Kesimpulannya adalah bahwa penggunaan metode mengajar yang sesuai dengan gaya kognitif siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. ABSTRACT NILA SARI LATIF. 2013. The Influence of Teaching Method and Cognitive Style toward Mathematics Learning Outcomes of Grade VIII Students of MTsS in Maros District(supervised by Baso Intang Sappaile and Awi Dassa). The use of an appropriate method will determine the effectiveness and efficiency of learning to improve Mathematics learning outcomes of students. Other than teaching method used, the characteristic differences of students is also crucial in the learning process. Thus, one of the efforts from the teacher to improve Mathematics learning outcomes of students is the selection of appropriate teaching method in Mathematics learning by focusing on differences of student’s learning styles. The study was an experiment research which aimed at examining the extend of the influence of teaching method and cognitive style toward Mathematics learning outcomes of grade VIII students of MTsS in Maros district. The population of the study was grade VIII students of MTsS in Maros distict of academic year 2012/2013 from 9 MTsS with accreditation C. Samples were selected by conducting simple random sampling technique. The samples obtained were two MTsS in Maros district, namely MTsS DDI Hasanuddin and MTsS Darul Muttaqin with 22 students of grade VIII each. There were two variables of the study: (1) the independent variable consisted of the teaching method and students’ cognitive style, (2) the dependent variable was Mathematics learning outcomes of students. The teaching methods of the study were the discovering method and expository method; whereas, the cognitive style was Field Independent cognitive style and Field Dependent cognitive style. Theinstruments used in the study were cognitive style test and Mathematics learning outcomes test. Data obtained were analyzed by employing Two-Way ANOVA. The result indicated that Mathematics learning outcomes of grade VIII students of MTsS in Maros district was influenced by the teaching method and students cognitive style. The conclusion of the study was the appropriate teaching method used with students cognitive style could improve Mathematics learning outcomes of students.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:48
Last Modified: 06 Dec 2016 07:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item