PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN FACEBOOK, IKLIM KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 MAKASSAR

MARWAYANTI, MARWAYANTI (2019) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN FACEBOOK, IKLIM KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
artikel CD Tesis.pdf

Download (612kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MARWAYANTI. 2019. Pengaruh Intensitas Penggunaan Situs Jejaring Sosial, Iklim Kelas Dan Motivasi Belajar Terhadap Pprestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Makassar. (Dibimbing oleh Romasyah Sahabuddin, dan Basri Bado). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Intensitas penggunaan situs jejaring sosial facebook berpengaruh terhadap motivasi belajar, (2) iklim kelas berpengaruh terhadap motivasi belajar, (3) Intensitas penggunaan situs jejaring sosial berpengaruh terhadap prestasi belajar, (4) Iklim kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar, (5) motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar (6) intensitas penggunaan situs jejaring sosial facebook melalui motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar (7) iklim kelas melalui motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan IX di SMA Negeri 4 Makassar. Tekhnik pengambilan sampel adalah strata sampel (Stratified sampling) dengan jenis proporsional sampel. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan intensitas penggunaan facebook (X1) terhadap motivasi belajar (X3) yaitu sebesar 28,2%, (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan iklim kelas (X2) terhadap motivasi belajar (X3) yaitu sebesar 13,2%, (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan intensitas penggunaan situs jejaring sosial terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 27,6%, (4) terdapat pengaruh positif yang signifikan iklim kelas terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 7,8%, (5) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 24,3%, (6) terdapat pengaruh yang positif signifikan intensitas penggunaan situs jejaring sosial melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 6,4%, (7) terdapat pengaruh tidak langsung yang positif signifikan iklim kelas melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 3%. Kata kunci : Prestasi belajar ekonomi, intensitas penggunaan situs jejaring sosial, iklim kelas, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2019 07:10
Last Modified: 19 Dec 2019 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16225

Actions (login required)

View Item View Item