PENGARUH KEGIATAN LITERASI DASAR TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SD INPRES TIDUNG II MAKASSAR

SYARIF, A.SYAHRIANI (2019) PENGARUH KEGIATAN LITERASI DASAR TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SD INPRES TIDUNG II MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK, Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran kegiatan literasi dasar pada Siswa kelas V SD Inpres Tidung II Makassar; (2) Mengetahui gambaran minat baca Siswa kelas V SD Inpres Tidung II Makassar; dan (3) Mengetahui pengaruh kegiatan literasi dasar terhadap minat baca siswa kelas V SD Inpres Tidung II Makassar tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sempel 30 responden. Teknik yang digunakan, untuk pengumpulan data, adalah menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi serta analisis data menggunakan statistik deskriptif, teknik statistik Kolmogorov-Smirnov (Uji K-S), dan Uji Paired Sample T-Test (Uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan literasi dasar di sekolah memberi dampak positif terhadap siswa kelas V SD Inpres Tidung II Makassar, berupa peningkatan yang signifikan terhadap minat baca siswa kelas V SD Inpres Tidung II Makassar; (2) Minat baca siswa sebelum dilakukan kegiatan literasi dasar menunjukkan terdapat 30 orang siswa dengan frekuensi 100 berada pada rentang 66-75 dengan kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh proses pembelajaran terhadap minat baca siswa. Sedangkan untuk kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu kegiatan literasi dasar menujukkaan terdapat 30 orang siswa dengan frekuensi 100 berada pada rentang 86-100 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan minat baca siswa setelah dilakukan kegiatan literasi dasar. Berdasarkan angket minat baca siswa SD Inpres Tidung II Makasssar pada Pre-angket dan Post-angket didapatkan bahwa terdapat peningkatan minat baca setelah diberikan perlakuan berupa kegiatan literasi dasar siswa SD Inpres Tidung II Makassar; (3) Pada signifikansi sample paired t-test P-Value = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dari jumlah 30 orang siswa maka sampel dapat mewakili populasi dari perolehan angket minat baca siswa memiliki data normal dan sampel yang dipilih dapat mewakili populasi, ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan kegiatan literasi dasar terhadap minat baca siswa SD Inpres Tidung II Makassar. Kata Kunci: Literasi Dasar, Minat Baca

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:09
Last Modified: 18 Dec 2019 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16220

Actions (login required)

View Item View Item