Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Laboratorium Mini Pada Siswa Kelas V SDN 14 Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep

Musdalipa, Musdalipa (2014) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Laboratorium Mini Pada Siswa Kelas V SDN 14 Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Musdalipa.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Musdalipa, 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Laboratorium Mini Pada Siswa Kelas V SDN 14 Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Tesis. Dibimbing oleh Prof. Dr. Nurdin Arsyad, M.Pd dan Dr. Awi Dassa, M.Si pada Program Studi kekhususan matematika sekolah PPs UNM. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah (a) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan laboratorium mini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN 14 Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep?. (b) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan laboratorium mini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN 14 Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendetesiskan: (a) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan laboratorium mini pada siswa kelas V SDN 14 Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep, (b) Peningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan laboratorium mini pada siswa kelas V SDN 14 Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 24 siswa kelas V SDN 14 Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan laboratorium mini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN 14 Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep dilihat dari aktivitas mengajar guru dan belajar siswa. Sedangkan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan laboratorium mini dapat meningkatkan kualitas hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 14 Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep dilihat dari meningkatnya nilai tes hasil belajar awal, siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:46
Last Modified: 06 Dec 2016 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item