MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN TARI MELALUI MATERI TARI KREASI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMPN 2 SAJOANGING KABUPATEN WAJO

Muspira, Andi Diskha (2019) MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN TARI MELALUI MATERI TARI KREASI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMPN 2 SAJOANGING KABUPATEN WAJO. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL ANDI DISKHA MUSPIRA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andi Diskha Muspira. Meningkatkan Perbendaharaan Tari melalui Materi Tari Kreasi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tari SMPN 2 Sajoanging Kabupaten Wajo. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I Dr. Andi Jamilah, M. Sn. dan Pembimbing II Dr. Andi Ihsan, S. Sn., M. Pd. Adapun rumusan masalah dalam penelitan ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran seni budaya dengan materi tari kreasi pada kegiatan esktrakurikuler SMPN 2 Sajoanging, (2) Bagaimana peningkatan pembendaharaan tari setalah materi tari kreasi diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler SMPN 2 Sajoanging. (1) Meningkatan Perbendaharaan Tari melalui tari kreasi dilaksanakan dengan masing-masing 4 kali pertemuan dan terbagi dalam 4 kegiatan yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. (2) Peningkatan perbendaharaan tari kreasi dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata hasil peningkatan perbendaharaan tari sebesar, siklus I tari Padduppa wiraga 3.35, wirama 2.9, dan wirasa 2.3 sedangkan pada siklus II sebesar wiraga,3.65, wirama 3.35, dan wirasa 2.65. Namun pada tari Yabelale nilai rata-rata siklus I sebesar, wiraga 3.32, wirama 2.67, dan wirasa 2, sedangkan pada siklus II sebesar, wiraga 3.5, wirama 3.45 dan wirasa 3.12. Dari Hasil peningkatan siklus I ke-siklus II dapat dilihat bahwa perbendaharaan tari siswa dapat meningkat dari sebelumnya hanya 4 tarian kini menjadi 6 tarian yang dikuasai siswa untuk tari kreasi. Kata Kunci : Penerapan Tari, Hasil Penerapan, dan Tari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2019 07:29
Last Modified: 17 Dec 2019 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16215

Actions (login required)

View Item View Item