PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI OLAH VOKAL PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB NEGERI 1 KABUPATEN GOWA

Audhyati, Alfira (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI OLAH VOKAL PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB NEGERI 1 KABUPATEN GOWA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alfira Audhyati, 2019. Peningkatan kemampuan berbicara melalui olah vokal pada murid tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa. Skripsi Program Studi Pendidikan Sendratasik Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah (1) Untuk mengetahui kemampuan berbicara sebelum penerapan olah vokal pada murid tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa. (2) Untuk mengetahui penerapan olah vokal dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa. (3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara setelah penerapan olah vokal pada murid tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriftif kuantitatif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh murid tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes awal (pretest) dan test akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berbicara pada murid tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa sebelum diterapkan olah vokal berada pada kategori rendah dan memiliki perolehan nilai 4,,7. (2) Kemampuan berbicara pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa setelah diterapkan olah vokal berada pada kategori baik dan memiliki perolehan nilai 6,7. (3) Terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa melalui penerapan olah vocal dari kategori rendah ke kategori baik, dan mendapatkan perolehan yang tadinya 4,7 meningkat menjadi 6,7. Kata Kunci: Olah Vokal , Murid Tunagrahita Ringan BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pada era modern ini pendidikan merupakan tonggak kemajuan suatu bangsa, dengan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang canggih dengan mudah kita menguasai dunia. Begitu pula pentingnya pendidikan bagi setiap manusia yang merupakan hak bagi mereka baik yang normal atau yang mengalami gangguan baik fisik maupun mental. Sebagaimana dalam UndangUndang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 1 yang berbunyi “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”, ( Laras Media Prima, 2011: 50 ). Hal ini dimaksudkan adalah pendidikan bagi mereka yang normal dan murid berkebutuhan khusus diberlakukan sama. Pendidikan yang dimaksudkan di atas adalah pendidikan luar biasa yang khusus menangani murid- murid berkelainan atau murid berkebutuhan khusus sebagai objek formalnya yang berupaya untuk meningkatkan pelayanan bagi mereka yang berkelainan termasuk murid tunagrahita ringan. Amin (1995: 11) mengemukakan bahwa “murid tunagrahita adalah mereka yang kecerdasannya berada di bawah rata-rata. Mereka mengalami keterbelakangan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan”. Adapun penglasifikasian tunagrahita menurut Amin (1995: 21) “

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:15
Last Modified: 17 Dec 2019 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16201

Actions (login required)

View Item View Item