Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kabupaten Barru

MULYATI, MULYATI (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kabupaten Barru. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MULYATI.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK MULYATI. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kabupaten Barru(dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Abdul Rahman). Penggunaan modelyang tepat dalam pembelajaran akan menjadikan pembelajaran menjadi menarik dan membuat siswa aktif sehingga timbul kemandirian belajar siswa yang akan berdampak pada hasil belajar yang akan meningkatkan dan mengakibatkan tujuan pembelajaran yang tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dan kemandirian belajar siswa mempengaruhi hasil belajar matematika siswa SMP Negeri di Kabupaten Barru setelah mengurangi pengaruh linear kemampuan awal siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri Di Kabupaten Barru tahun ajaran 2013/2014 (studi pada siswa kelas VII). Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan metode random cluster sampling. Sampel yang terpilih adalah dua sekolah Negeri yang ada di kabupaten Barru, yakni SMP Negeri 2 Barru dan SMP Negeri 1Tanete Rilau dengan jumlah masing-masing siswa kelas VII adalah 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini, yaitu : (1) variabel bebas yang terdiri atas model pembelajaran kooperatif, (2) variabel terikat adalah hasil belajar matematika, dan (3)variabelkontrol adalah kemandirian belajar(4) Variabel kovariat adalah kemampuan awal siswa. Model pembelajaran kooperatif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, sedangkan kemandirian belajar yang dimaksud adalah kemandirian belajar tinggidan kemamdirian belajar rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah angket kemandirian belajar, tes kemampuan awal dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA). Terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif pada setiap kemandirian belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan awal. ABSTRACT MULYATI. 2014. The Influence of Learning Model Towards Mathematics Learning Outcomes based on the Independent Study by Controlling Students’ Prior Ability of Class VII Students at SMPN in Barru District (supervised by Baso Intang Sappaile and Abdul Rahman) This research is an experiment research which aims at examining wheather the cooperative learning model and the students’ independent study influence the Mathematic Learning outcomes of students at SMPN in Barru district after reducing the linear influence of the students’ priory ability. The Populations of this research were all the students of SMP Barru district of academic year of 2013/2014. The samples were chosen by employing random cluster sampling method. The chosen samples were two SMPN in Barru district, namely SMP Negeri 2 Barruand SMP Negeri 1 Tanete Rilau with 30 studentsin each class of VII. The variables of this research were (1)the independent variable was the cooperative learning model (2) the dependent variable was the mathematics learning outcomes (3)the control variable was the learning independent study, and (4) covariant variable was the students’ priory ability. The cooperative learning model referred to cooperative model think pair share type and team assisted individualization type; whereas, the independent study referred to high and low independent study. The instruments of this research were independent study questionnaire, the test of prior ability, and the test of Mathematic learning outcomes. The data collection was analyzed by using descriptive and inferential analysis with covariant (ANAKOVA). There are differences between cooperative learning models in each of student’s independent study. Keywords : Cooperative Learning Model, Independent Study of Student, and Tes Of Learning Outcome

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:42
Last Modified: 06 Dec 2016 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item