PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VII SMP NEGERI 33 MAKASSAR

Zainuddin, Zainuddin (2019) PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VII SMP NEGERI 33 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL ABD.JALIL ILYAS.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abd. Jalil Ilyas. 2019. “Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VII SMP Negeri 33 Makassar”. Skripsi. Jurusan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Sumiani dan Prusdianto). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pembelajaran seni budaya di kelas VII SMP Negeri 33 Makassar, dengan memperhatikan aspek persepsi siswa terhadap materi pelajaran seni budaya dan persepsi siswa terhadap metode mengajar guru seni budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Variabel penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap pembelajaran seni budaya. Data penelitian ini berupa nilai persepsi siswa terhadap pembelajaran seni budaya di kelas VII dengan menggunakan skor yang telah ditetapkan. Populasi penelitian ini adalah mengacu pada jumlah rombel atau kelas VII SMP Negeri 33 Makassar yang berjumlah 10 kelas. Penarikan sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik random. Berdasarkan hasil yang ditetapkan kelas VII yang dijadikan sampel adalah 2 siswa perkelasnya jadi jumlah sampelnya sebanyak 20 siswa 10 siswa lakilaki dan 10 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik survey atau pengamatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran seni budaya di kelas VII yaitu 83,1% angka ini berada di antara 81-100% yang masuk dalam kategori sangat baik; dan persepsi siswa terhadap metode mengajar guru pelajaran seni budaya di kelas VII yaitu 90,7% angka ini berada di antara 81-100% yang masuk dalam kategori sangat baik;. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas dalam pengajaran pembelajaran seni budaya khusus pada Profesionalisme guru seni budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 06:51
Last Modified: 16 Dec 2019 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16184

Actions (login required)

View Item View Item