PELATIHAN TEKNIK VOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI PADA SISWA DAALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA SMA NEGERI 13 BONE

Sari, A.Rahmadani (2019) PELATIHAN TEKNIK VOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI PADA SISWA DAALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA SMA NEGERI 13 BONE. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK A.Rahmadani Datu Sari., 2019. Pelatihan Teknik Vokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Pada Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurukuler Paduan Suara SMA Negeri 13 Bone. Skripsi. Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana proses pelatihan teknik vokal untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi dan (2) hasil pelatihan teknik vokal untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yakni dimana hasil penelitiannya dalam bentuk deskripsi nyata objek penelitian. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 13 Bone. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan juga evaluasi serta gabungan dari keempatnya agar diperoleh data yang lebih akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan teknik vokal untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa pada siklus I dan siklus II berhasil meningkat pada seluruh aspek penilaian yakni pernafasan, intonasi, artikulasi, phrasering dan ekspresi. Dibuktikan secara deskriptif yaitu peningkatan kemampuan bernyanyi pada penelitian ini yakni terdiri dari pernapasan dimana pada siklus I siswa belum mampu mengolah pernapasan dengan baik sehingga mempengaruhi estetika lagu namun kemudian meningkat pada siklus II sehinggah lagu terdengar enak untuk didengarkan. Selanjutnya bagian intonasi lagu pada siklus I ada beberpa part pada lagu ”rayuan pulau kelapa” mengalami kegagalan dalam mencapai ketepatan nadanya sehingga terdengar asing ditelinga namun pada siklus II bagian-bagian lagu yang tadinya menjadi masalah sudah mengalami perubahan dengan ketepatan nada yang mengesankan. Aspek selanjutnya yakni artikulasi pada bagian artikulasi para penyanyi tidak terlalu buruk dalam mengucapkan diksi pada lagu ”rayuan pulau kelapa” ini oleh karena itu peningkatan dari siklus I ke siklus II terkesan normal tanpa begitu banyak hambatan. Phrasering adalah aspek berikutnya yang juga memperlihatkan peningkatan dari siklus I ke siklus II dan yang terakhir adalah ekspresi pada bagian ini mengalami pula peningkatan yang signifikan dimana awal siklus I siswa bernyanyi dengan wajah yang datar atau belum mampu mengekspresikan jiwa lagunya meningkat pada siklus II dengan kategori baik. Adapun dalam penerapan pelatihan teknik vokal ini sangat dapat diterima oleh siswa untuk menunjang kesuksesannya dalam bernyanyi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 06:44
Last Modified: 16 Dec 2019 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16183

Actions (login required)

View Item View Item