EKSISTENSI TARI SALONRENG ARA DI KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA EKSISTENSI TARI SALONRENG ARA DI KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA

WILDANA, NURUL HUFFA (2019) EKSISTENSI TARI SALONRENG ARA DI KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA EKSISTENSI TARI SALONRENG ARA DI KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK A.NURUL HUFFA WILDANA, 2019. Eksistensi tari Salonreng Ara di kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, Skripsi Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana eksistensi tari Salonreng Ara dan bentuk penyajian tari Salonreng Ara di kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu sasaran dan responden, observasi, wawancara serta dokumentasi. Sesuai dengan tujuan dan rumusan masalah, yakni mengenai tari Salonreng Ara di kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba yang telah mengalami perkembangan beberapa dekade pada tahun 1960 tarian ini hanya berkembang dan di tarikan untuk upacara adat pernikahan sejak tahun 1973 tari Salonreng Ara pertama kali dipentaskan diluar kota untuk menghadiri undangan raja bone, 1981 ditandai dengan kegiatan bunting toara sejak tahun 1995 tvri penyiaran budaya, 2009 Silaturahmi dengan wakil presiden R.I forum kerajaan dan kelembagaan adat Sulawesi Jakarta, Variasi V di unismuh 2019. Tari ini diwarisi oleh bapak H.Muh. Idris Dg.Sarika atau biasa disapa dengan sebutan etta ika yang merupakan salah seorang pemusik tari Salonreng Ara dan anaknya yang bernama Hj. Sitti Nusra Dg. Puji biasa disapa dengan sebutan Puang Puji yang merupakan penari tari Salonreng Ara. Minat masyarakat Ara terhadap tari Salonreng Ara ini bisa dilihat dari bagaimana masyarakat Ara masih mau belajar tentang tari Salonreng Ara. Tari Salonreng Ara sering di pertunjukkan dalam acara kebudayaan dan pesta adat perkawinan berkat bantuan Dinas Pariwisata tari Salonreng Ara semakin di kenali masyarakat dikarenakan Dinas Pariwisata yang membantu mengenalkan tari Salonreng Ara ke masyarakat Bulukumba yang dulunya tidak tahu menjadi tahu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 06:33
Last Modified: 16 Dec 2019 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16182

Actions (login required)

View Item View Item