EUFEMISASI DAN SENSORISASI DALAM WACANA PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019 SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

ISMAIL, HAFIDZ ZULFAHMI (2019) EUFEMISASI DAN SENSORISASI DALAM WACANA PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019 SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSA.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) bentuk dan makna eufemisasi dalam wacana pemilu presiden dan wakil presiden 2019, (2) bentuk dan makna sensorisasi dalam wacana pemilu presiden dan wakil presiden 2019, dan (3) relevansi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Data penelitian berupa elemen eufemisasi dan elemen sensorisasi. Sumber data penelitian adalah media daring yaitu CNN Indonesia, Detik, dan Kompas. Data dikumpulkan dari bulan Oktober s.d. Desember 2018. Teknik pengumpulan data digunakan adalah teknik dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data penelitian digunakan trianggulasi sumber data. Teknik analisis data digunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian diolah secara deskriptif dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) elemen eufemisasi ditemukan berupa bentuk kepercayaan, bentuk kewajiban, bentuk kepedulian, bentuk pujian, bentuk pemberian, bentuk harapan, bentuk belas kasihan, bentuk imbauan, bentuk persaudaraan, bentuk menyarankan, dan bentuk penegasan; (2) Elemen sensorisasi berupa bentuk kriminal, bentuk ketidakpantasan, bentuk asusila, bentuk menuduh, bentuk ancaman, bentuk sindiran, bentuk kecurigaan, bentuk kekecewaan, dan bentuk pelangggaran. Aspek kebahasaan ditemukan kosakata asing, kata (nomina, adjektiva, dan verba), frasa (nomina, adjektiva, dan verba), klausa, dan kalimat (deklaratif, harapan, pengingkaran, ajakan, interjeksi, tanya, dan larangan); (3) Relevansi penelitian ini berupa model analisis eufemisasi dan sensorisasi yang dapat menjadi bahan acuan untuk menganalisis teks editorial dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII. Kata Kunci: Eufemisasi, Sensorisasi, Wacana Pemilu, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Dec 2019 07:11
Last Modified: 16 Dec 2019 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16168

Actions (login required)

View Item View Item