PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN MENTAL BERWIRAUSAHA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA (Studi Pada Pelaku Usaha Di Pasar Segar Kota Makassar)

PUTRI, IIN ASRINDA (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN MENTAL BERWIRAUSAHA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA (Studi Pada Pelaku Usaha Di Pasar Segar Kota Makassar). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI IIN.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IIN ASRINDA PUTRI, 2019. “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Mental Berwirausaha Terhadap Motivasi Berwirausaha (Studi Pada Pelaku Usaha Di Pasar Segar Kota Makassar)”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Tuti Supatminingsih, S.E., M.Si dan Muhammad Hasan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Mental Berwirausaha Terhadap Motivasi Berwirausaha (Studi Pada Pelaku Usaha Di Pasar Segar Kota Makassar). Penelitian dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 119 pelaku usaha kuliner yang berada di Pasar Segar Kota Makassar di Jalan Pengayoman.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berada pada kategori sangat tinggi yang artinya mengalami peningkatan dalam pengetahuan dan sikap sehingga menambah motivasi dalam berwirausaha. Mental Berwirausaha berada pada kategori sangat tinggi yang artinya mengalami peningkatan dalam berani mengambil risiko,dan percaya diri. Motivasi Berwirausaha berada pada kategori sangat tinggi yang artinya pelaku usaha di Pasar Segar Kota Makassar memiliki tingkat keinginan, harapan, dan dorongan yang tinggi dalam menjalankan usaha yang dimilikinya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Mental Berwirausaha secara simultan dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha Pelaku Usaha di Pasar Segar Kota Makassar. Kata Kunci : Pendidikan Kewirausahaan Mental Berwirausaha, Motivasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Dec 2019 06:55
Last Modified: 11 Dec 2019 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16141

Actions (login required)

View Item View Item