HAFIDZ CILIK : Pola Asuh dan Model Pendidikan Dini Hafidz Cilik di Kelurahan Karampuang Kecamatan Panakkukang Kota Makassar

PAWELLANGI, ANDI (2019) HAFIDZ CILIK : Pola Asuh dan Model Pendidikan Dini Hafidz Cilik di Kelurahan Karampuang Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL ANDI PAWELLANGI.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andi Pawellangi. 2019. “HAFIDZ CILIK”: Pola Asuh dan Pendidikan Dini Hafidz Cilik di Kelurahan Karampuang Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Ashari Ismail dan Mario. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pola Asuh Hafidz Cilik, 2) Model Pendidikan Dini Hafidz Cilik yang dapat menumbuhkan Hard Skill dan Soft Skill bagi Hafidz Cilik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah informan sebanyak 3 (tiga) orang. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria informan: a) orang tua yang memiliki anak hafidz cilik, b) pendidikan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, peyajian daya serta penarikan kesimpulan. Tehnik pengabsahan data yaitu Member Check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Pola Asuh Hafidz Cilik: 1) interaksi antar anggota keluarga, 2) pengenalan nilai positif dan negatif, 3) bentuk berpikir (mind set), 4) internalisasi nilai-nilai, 5) tingkah laku, 6) kaidah-kaidah (kepercayaan, kesusilaan, kesopanan, dan hukum). b) Model Pendidikan Dini Hafidz Cilik yang dapat menumbuhkan hard skill dan soft skill bagi hafidz cilik ialah Metode Keteladanan (Uswah), hard skill berupa kemampuan membaca dan menghafalkan Al Quran. Soft skill berupa kemampuan berkomunkasi, berperilaku baik, disiplin dan mempunyai daya ingat yang kuat Kata Kunci: Pola asuh, Hafidz cilik, Model pendidikan dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Dec 2019 06:20
Last Modified: 11 Dec 2019 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16130

Actions (login required)

View Item View Item