PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DESAIN POSTER BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

NURFADILAH, NURFADILAH (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DESAIN POSTER BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL-NURFADILAH-1581040022.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul pembelajaran desain poster yang mengacu pada model pengembangan 4-D. Modul ini diperuntukkan bagi siswa Sekolah Menengah Atas, berisi materi tentang teknik mendesain poster. Responden yang terlibat pada penelitian pengembangan ini adalah 2 (dua) orang yaitu ahli materi dan ahli media. Data yang digali dalam penelitian ini adalah data validasi dari dosen ahli materi dan ahli media berupa aspek isi materi, aspek tampilan sampul (cover), dan aspek tampilan isi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh dari validasi ahli terhadap aspek isi, aspek tampilan sampul (cover), dan aspek tampilan isi pada modul yang dikembangkan keseluruhan masuk dalam kategori bagus dan jelas, dengan rata-rata nilai aspek isi 4.43 atau 34,1%, aspek tampilan sampul 4.14 atau 31.8%, dan aspek tampilan isi 4.13 atau 34.1% yang jika dikonverskan dari rataratanya 4.23 untuk keseluruhan aspek modul mendapat nilai B dengan ketegori “Jelas dan Bagus”. Sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, yaitu jika hasil penilaian ahli materi dan media dinyatakan baik maka produk yang dikembangkan telah memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran desain poster untuk siswa Sekolah Menengah Atas. Kata kunci: Pengembangan, Modul Pemblajaran, Desain Poster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 05:55
Last Modified: 11 Dec 2019 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16125

Actions (login required)

View Item View Item