JUNGGE’ SEBAGAI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA BERMUATAN LOKAL BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BONE

Mursalim, Mushawwir Abyd (2019) JUNGGE’ SEBAGAI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA BERMUATAN LOKAL BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BONE. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal_MUSHAWWIR ABYD MURSALIM.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mushawwir Abyd Mursalim, 2019. “Jungge’ Sebagai Pembelajaran Seni Budaya Bermuatan Lokal Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bone. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran ‘ Jungge’ sebagai materi seni budaya bermuatan lokal bagi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bone (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran ‘ Jungge’ sebagai materi seni budaya bermuatan lokal bagi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bone (3) Untuk mengetahui penilaian pembelajaran ‘ Jungge’ sebagai materi seni budaya bermuatan lokal bagi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bone (4) Untuk mengetahui hasil karya ’ Jungge’ oleh siswa kelas X SMA Negeri 3 Bone. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian observasi menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran seni budaya dan hasil karya siswa berupa Jungge’. Hasil penelitian ini yaitu; (1) Adapun bagian-bagian dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan pada siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 3 Bone sudah sesuai dengan aturan kurikulum 2013 dan saling berkaitan dengan komponen satu dengan yang lainnya (2) Kegiatan inti pembelajaran siswa dan guru melakukan aktivitas yaitu siswa dibagi menjadi 11 kelompok, Mengadakan diskusi tentang teknik pembuatan ‘ Jungge’ serta mengamati alat peraga berupa Jungge’ yang telah jadi, guru menyebut dan menulis alat dan bahan dalam membuat ‘ Jungge’ dan menunjukkan beberapa alat dan bahan yang telah disediakan, setiap kelompok menyiapkan alat dan bahan untuk berkarya. Masingmasing peserta didik berbagi tugas dengan anggota kelompoknya, setelah melihat contoh, peserta didik membuat karya ‘ Jungge’ tersebut, pada dasarnya ada beberapa kegiatan yang tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). (3) Penilaian (Evaluasi) pembelajaran ‘ Jungge’ Pada karya siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 3 Bone pada tahap penilaian yang terlaksana belum sesuai dengan instrument penilaian pembelajaran siswa. (4) Hasil karya ‘ Jungge’ siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 3 Bone Kabupaten Bone. Menunjukkan ada 11 hasil karya yang dihasilkan peserta didik, 4 karya berwarna dasar hijau, 7 karya berwarna dasar merah, dengan ukuran karya yang sama yaitu 35 x 28 cm. Hasil karya ‘ Jungge’ siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 3 Bone, masih kurang dalam penerapan unsur-unsur rupa serta prinsip-prinsip seni yang telah ditetapkan sebagai acuan berkarya dalam membuat ‘Jungge’, dan setiap kelompok menghasilkan karya dengan kemampuan siswa yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 05:27
Last Modified: 11 Dec 2019 05:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16121

Actions (login required)

View Item View Item