KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN CLUSTERING DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD YAPIS 02 MANOKWARI

Mubarok, Zaki (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN CLUSTERING DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD YAPIS 02 MANOKWARI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan sebagai berikut, (1) mendeskripsikan model pembelajaran mind mapping dalam keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Yapis 02 Manokwari, (2) mendeskripsikan model pembelajaran clustering dalam keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Yapis 02 Manokwari, (3) mendeskripsikan keefektifan model clustering dan mind mapping dalam keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Yapis 02 Manokwari. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan quasi eksperimental design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran mind mapping dan clustering, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Yapis 02 Manokwari yang berjumlah 95 siswa. Sampel menggunakan random sampling berjumlah 63 siswa. Selanjutnya penentuan sampel sesuai langkah-langkah yang sudah ditetapkan melalui teknik random sampling dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes. Instrumen divalidasi oleh dosen ahli. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS for windows 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada peningkatan hasil belajar keterampilan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Yapis 02 Manokwari menggunakan model pembelajaran mind mapping, hasil perhitungan nilai rata-rata sebesar 76,91, (2) ada peningkatan hasil belajar keterampilan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Yapis 02 Manokwari menggunakan model pembelajaran clustering, hasil perhitungan nilai rata-rata sebesar 80,87 (3) kedua model pembelajaran (mind mapping dan clustering) keduanya efektif digunakan dalam keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Yapis 02 Manokwari, dengan nilai rata-rata sebesar 76,91 dan 80,87. Terdapat perubahan uji inferensial diketahui nilai signifikansi 0,041 < 0,05 dan nilai f hitung 4,372 > f tabel 3,15, berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Penerapan model mind mapping, clustering, puisi, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Dec 2019 02:26
Last Modified: 11 Dec 2019 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16113

Actions (login required)

View Item View Item