PEMBELAJARAN PEWARNAAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V A SD NEGERI PARANGTAMBUNG 1 KOTA MAKASSAR

MUNANDAR, ARIS (2019) PEMBELAJARAN PEWARNAAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V A SD NEGERI PARANGTAMBUNG 1 KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal_ARIS_MUNANDAR.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ARIS MUNANDAR, 2019. “Pembelajaran Pewarnaan Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V A SD Negeri Parangtambung 1 Kota Makassar”. Dibimbing oleh Karta Jayadi dan Irfan Arifin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pewarnaan melalui metode eksperimen pada siswa kelas V A SD Negeri Parangtambung 1 Kota Makassar. Dengan pendekatan Survei pada taraf deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Populasinya yaitu siswa kelas V A SDN Parangtambung 1 Kota Makassar dengan jumlah 40 peserta didik, mengingat jumlah populasi memenuhi maka peneliti mengambil sampel total yaitu kelas V A dengan jumlah peserta didik 40 orang. Pelaksanaan pembelajaran pewarnaan melalui metode eksperimen diantaranya mengikuti langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran melalui metode eksperimen, selanjutnya yang dilakukan pertama adalah dengan membagi anak-anak ke dalam enam kelompok. Kedua, peneliti menyiapkan alat dan bahan untuk berkarya. Ketiga peneliti menyampaikan langkah-langkah praktik. Keempat anak-anak mengikuti praktik pewarnaan melalui metode eksperimen. Hasil karya anak berjumlah 33 buah, dengan corak, teknik, dan hasil eksperimen yang berbedabeda pula, sebagian besar siswa kelas V A SDN Parangtambung 1 senang mengikuti pembelajaran pewarnaan melalui metode eksperimen, selain menyenangkan, anak bisa bebas bereksplorasi dalam mewujudkan suatu karya. Eksperimen warna sendiri juga menjadi alat terapi untuk meringankan stress pada siswa setelah lelah seharian beraktivitas mengikuti kegiatan pembelajaran. selain itu muncul keberanian pada siswa dalam manggunakan berbagai media untuk menghasilkan sebuah karya dalam pewarnaan pewarnaan melalui metode eksperimen. Contohnya siswa sangat berani mengkolaborasikan bahan pewarna yang diberikan seperti mencampur kunyit dan cat tembok, teh dan air, serta bahan pewarna lain yang sangat jarang siswa ketahui bahwa bahan tersebut dapat dijadikan sebagai media dalam berkarya. Selain itu siswa lebih banyak mengenal bahan-bahan pewarna melalui pembelajaran pewarnaan ini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 07:28
Last Modified: 10 Dec 2019 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16106

Actions (login required)

View Item View Item