PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 MAKASSAR

Nurhayati, Nurhayati (2019) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhayati. 2019. Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Belajar Fisika terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Makassar (dibimbing oleh H. M. Sidin Ali dan Muhammad Arsyad). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh langsung konsep diri terhadap hasil belajar fisika; (2) pengaruh langsung konsep diri terhadap motivasi belajar fisika; (3) pengaruh langsung motivasi belajar fisika terhadap hasil belajar fisika; (4) pengaruh tidak langsung konsep diri terhadap hasil belajar fisika melalui motivasi belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kausal tersebut akan dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (path analiysis), dengan variabel penelitian adalah konsep diri dan motivasi belajar sebagai variabel bebas, hasil belajar fisika sebagai variabel tak bebas (terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri Makassar Tahun Ajaran 2018/2019, terdiri atas 6 kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik sebanyak 199 peserta didik, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah secara proporsionate random sampling dan terpilih kelas XI IPA1, XI IPA2, XI IPA4, dan XI IPA6. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa konsep diri, motivasi belajar fisika dan hasil belajar fisika peserta didik berada dalam kategori rendah, sedang, dan tinggi. Analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap hasil belajar fisika; konsep diri terhadap motivasi belajar fisika; motivasi belajar fisika terhadap hasil belajar fisika; konsep diri terhadap hasil belajar fisika melalui motivasi belajar fisika. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, sebaiknya peningkatan hasil belajar fisika peserta didik dilakukan dengan peningkatan konsep diri dan motivasi belajar fisika. Diharapkan pada peneliti selanjutnya agar lebih memperhatikan indikator konsep diri dan motivasi belajar fisika yang rendah dalam penelitian ini. Sehingga penelitian yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar fisika yang lebih baik. Kata kunci: Hasil Belajar Fisika, Konsep Diri, Motivasi Belajar Fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Dec 2019 07:00
Last Modified: 10 Dec 2019 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16098

Actions (login required)

View Item View Item