Pemanfaatan Media pada Seni Lukis Non Realis Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultasa Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultasa Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar,

SALINA, SALINA (2019) Pemanfaatan Media pada Seni Lukis Non Realis Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultasa Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultasa Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar,. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SKRIPSI SALINA.docx

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Salina, NIM 1581042008, 2019. Pemanfaatan Media pada Seni Lukis Non Realis Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultasa Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultasa Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, Dibimbing oleh : Pangeran Paita Yunus, dan Moh. Thamrin Mappalahere. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Jenis-Jenis media pada seni lukis non realis mahasiswa angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultasa Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dan (2) Bagaimana kesulitan mahasiswa angkatan 2017 dalam memanfaatkan media seni lukis non realis Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang akurat, jelas dan benar tentang (1) Jenis-jenis media pada seni lukis non realis dan (2) Kesulitan mahasiswa angkatan 2017 dalam memanfaatkan media seni lukis non realis. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah metode Content Analysis dengan pendekatan kritik seni. Teknik ini terdiri dari tiga tahapan yaitu deskripsi, analisis formal dan interpretasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling penelitian memilih 10 karya sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu; (1) Jenis-jenis media pada seni lukis non realis menunjukkan bahwa mahasiswa kurang dalam mengembangkan teknik menempel terbukti dari karya mahasiswa hanya memanfaatkan padi, cermin, dan karung goni, selebihnya karya mahasiswa lebih menguasai teknik basah dalam penggunaan percampuran cat seperti cat minyak dan cat akrilik, untuk mengekspresikan karya seni lukis non realis. (2) Kesulitan mahasiswa angkatan 2017 dalam memanfaatkan media seni lukis non realis kurang paham dengan konsep yang akan dibuat karena tidak dapat menyatukan bahan-bahan sesuai dengan konsep yang dibuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 03:14
Last Modified: 12 Dec 2019 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16092

Actions (login required)

View Item View Item