Efektivitas Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMPN 3 Polewali

ISHAK, ISHAK (2014) Efektivitas Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMPN 3 Polewali. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ISHAK.docx

Download (15kB)

ABSTRAK ISHAK. 2014. Efektivitas Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMPN 3 Polewali (dibimbing oleh Hamzah Upu dan Usman Mulbar) Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali yang diajar dengan menggunakan metode hypnoteaching, (2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali yang diajar dengan menggunakan metode hypnoteaching, (3) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali terhadap metode hypnoteaching dalam pembelajaran matematika, (4) Untuk mengetahui apakah efektifitas metode hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali. Data yang dikumpulkan terdiri dari hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Berdasarkan kriteria tingkat keefektifan, pembelajaran metode hypnoteaching cukup efektif untuk diterapkan pada pokok bahasan bangun datar segiempat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali sebelum diterapkan metode hypnoteaching mencapai skor rata-rata 40,867 dan berada pada kategori tidak tuntas. Sedangkan setelah diajar dengan pembelajaran metode hypnoteaching mencapai skor rata-rata 77,067 dengan sekitar 75% siswa memenuhi kriterian ketuntasan minimal (KKM) sehingga mencapai ketuntasan klasikal dan berada pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali setelah diajar melalui metode hypnoteaching yang dihitung dengan gain ternormalisasi sebesar 0,42. Terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali setelah diajar melalui metode hypnoteaching dengan peningkatan hasil belajar siswa yang dihitung dengan rumus gain ternormalisasi sebesar 0,62. Respon siswa siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali terhadap pembelajaran bangun datar segiempat dengan menggunakan metode hypnoteaching sebesar 3,15. Kata kunci: Efektivitas, metode hypnoteaching, hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif, N-gain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:18
Last Modified: 06 Dec 2016 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item