Karakter Siswa pada Pelatihan Teater di Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Polewali. Skripsi, Jurusan Seni Pertunjukan, Prodi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar.

Ramadhani, Rezky (2019) Karakter Siswa pada Pelatihan Teater di Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Polewali. Skripsi, Jurusan Seni Pertunjukan, Prodi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SKRIPSI REZKY WAHYU RAMADHANI.docx

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Rezky Wahyu Ramadhani. 2019. Karakter Siswa pada Pelatihan Teater di Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Polewali. Skripsi, Jurusan Seni Pertunjukan, Prodi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh SMA Negeri 1 Polewali menerapkan proses pembelajaran pendidikan karakter tidak menjadi suatu pelajaran tersendiri, tetapi dikaitkan dengan semua mata pelajaran, melalui penanaman nilai-nilai budaya sekolah. Pada kenyataannya, cara ini belum mampu membuat seluruh siswa memiliki karakter yang baik. Masih banyak siswa yang bahkan dengan sengaja melanggar aturan sekolah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan teater di kegiatan ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica SMA Negeri 1 Polewali; (2) Untuk mengetahui nilai karakter yang ada pada pelatihan teater di kegiatan ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica SMA Negeri 1 Polewali. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi objek sasaran adalah Anggota Sanggar Seni Teater Pammarica SMA Negeri 1 Polewali. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pelatihan teater di kegiatan ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica SMA Negeri 1 Polewali dilaksanakan dengan cara latihan dasar seni teater yang meliputi olah tubuh, olah suara, olah rasa dan proses seni teater yang meliputi casting, reading, blocking, latihan lanjutan; (2) Nilai karakter yang ada pada pelatihan teater di kegiatan ekstrakurikuler Sanggar Seni Teater Pammarica SMA Negeri 1 Polewali yaitu religius, percaya diri, peduli sosial, tanggungjawab, disiplin, jujur, selain itu masih ada beberapa nilai-nilai karakter yang dapat dipelajari dalam naskah yaitu toleransi, kerja keras, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air. Kata Kunci: Nilai Karakter, Teater, Ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 03:13
Last Modified: 12 Dec 2019 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16080

Actions (login required)

View Item View Item