Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistic kelas V SD negeri 173 inpres Mangngai Maros

IRWAN, IRWAN (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistic kelas V SD negeri 173 inpres Mangngai Maros. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
IRWAN.docx

Download (20kB)

ABSTRAK IRWAN. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistic kelas V SD negeri 173 inpres Mangngai Maros (Dibimbing oleh Usman Mulbar dan Awi Dassa) Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) di kelas 5 SD negeri 173 inpres Mangngai yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Buku Siswa, (3) Lembar Kerja Siswa, (4) Buku Guru, dan (5) Tes Hasil Belajar, proses pengembangan perangkat pembelajaran yang dilakukan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Tahap-tahap pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yaitu: (1) tahap Define yang meliputi analisis awal-akhir, analisis materi, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran; (2) tahap Design yang meliputi penyusunan tes beracuan patokan, pemilihan format, pemilihan media, dan perancangan awal (draft I); (3) tahap Develop yang peliputi penilaian ahli, uji keterbacaan dan uji coba lapangan; dan (4) penyebaran (dessiminate) yang meliputi uji validasi, packaging, diffusion and adoption. Pada kegiatan penelitian ini dilakukan validasi ahli dari darft I dihasilkan draft II kemudian uji keterbacaan yang menghasilkan draft III dan draft III ini yang diuji coba. Revisi dari draft yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba menghasilkan draft IV yang merupakan perangkat final pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penelitian yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif. Ukuran kevalidan perangkat berdasarkan hasil penilaian para ahli (validator) sedangkan kepraktisan perangkat yang dikembangkan diukur dari hasil pengamatan keterlaksanaan seluruh komponen perangkat pembelajaran di kelas yang menunjukan kategori tinggi. Adapun ukuran keefektifan perangkat penelitian diukuran dari hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang berada pada persentase interval toleransi waktu ideal serta perolehan nilai dari tes hasil belajar yang menunjukkan 90,91% tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal ketercapai   ABSTRACT IRWAN. 2014. The Development of Realistic Matematics-based Learning Packege of Grade V at SDN 173 inpres Mangngai in Maros (Supervised by Usman Mulbar and Awi Dassa) The study was a development research which aimed at producing Realistic mathematics-based learning package in Grade V of SDN 173 Inpres Mangngai which fulfils the criteria of valid, practical, and effective. The product of learning package developed which Realistic mathematics-based learning were: (1) Lesson Plan, (2) Student’s Book, (3) Student’s Workbook, (4) Teacher’s Book, and (5) Learning Test Result. The development process of learning package employed 4-D Model of Thiagarajan.. The stages of the development were (1) the defining stage wich consisted of pre-post analysis, material analysis, task analysis, and specification of learning objective, (2) the design stage which concisted of test arrangement refered to benchmark, format selection, media evaluation, and pre-design (daft 1), (3) the development stage included evaluation from the experts, readability test, and field test, and (4) dissemination included validation test, packaging, diffusion, and adoption.Validation from the experts was conducted from draft 1 which then produced darft II and the readability test produced draft III. Revision of draft III was conducted based on the result of the field test and produced draft IV as the final product of the study. The result of the study revealed that the learning package develoded was valid, practical, and effective. The validity of the package was based on the evaluation result of the experts, whereas, the practicality of the package was measured based on the observation result on the implementation of all components which showed high category. The effectiveness of the learning package was measured based on the observation result of students’ activity which was on the percentage of ideal time tolerance and the test score result which obtained 90,91% of classical mastery level of students was achieved.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:16
Last Modified: 06 Dec 2016 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item