Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Bermain Peran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungguminasa. Skripsi. Jurusan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar.

Muhammad, Nurainun (2019) Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Bermain Peran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungguminasa. Skripsi. Jurusan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Skripsi Nurainun Muhammad.docx

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK NURAINUN MUHAMMAD, 2019. Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Bermain Peran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungguminasa. Skripsi. Jurusan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I Prusdianto S.Pd, M.Sn dan Pembimbing II Dr. Andi Padalia, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bermain peran siswa yang menggunakan media audio visual dan yang tidak menggunakan media audio visual di SMP Negeri 3 Sungguminasa dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual terhadap kemampuan bermain peran di SMP Negeri 3 Sungguminasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A dan VII C. Teknik penarikan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan test praktikum. Tes praktikum yaitu mengukur kemampuan siswa bermain peran dengan menggunakan 3 aspek penilaian yaitu aspek vokal, aspek penghayatan dan aspek penampilan. Uji prasyarat analisis normalitas menggunakan Uji Kolmogorof Sminarf dan uji homogenitas menggunakan Uji Homogenitas Varians. Teknik analisis data untuk pengujian hipotetis menggunakan uji-t dua sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan bermain peran antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio visual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media audio visual. Hal ini dibuktikan pada hasil posttest kemampuan bermain peran kelas eksperimen mencapai rata-rata 79,56 sedangkan pada siswa kelas kontrol mencapai nilai rata-rata 71,03. Perbedaan kemampuan bermain peran tersebut ditunjukkan dengan hasil uji-t independent antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana diperoleh nilai t hitung = 8,276 dan nilai p = 0,000 < α = 0,05. Penggunaan media pembelajaran audio visual juga efektif dalam mendukung peningkatan kemampuan bermaina peran siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata kemampuan bermain peran kelas eksperimen yang pada saat pretest memperoleh skor 62,91. Setelah diberikan perlakuan meningkat pada posttest menjadi 79,56. Kelas kontrol juga mengalami peningkatan kemampuan bermain peran dari nilai rata-rata pretest yang semula 63,80 meningkat pada posttest menjadi 71,03. Namun demikian, rata-rata nilai kemampuan bermain peran siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dari nilai rata-rata kemampuan bermain peran siswa kelas kontol. Hal ini menunjukkan bahwa media audio visual efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan bermain peran siswa di SMP Negeri 3 Sungguminasa. Kata Kunci: Efektivitas, Media Audio Visual, Bermain Peran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions:
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:36
Last Modified: 12 Dec 2019 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16078

Actions (login required)

View Item View Item