Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Geometri Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantaeng

FITRIANI, FITRIANI (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Geometri Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantaeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
FITRIANI.docx

Download (14kB)

ABSTRAK FITRIANI. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Geometri Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantaeng (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Nurdin Arsyad). Pemilihan model yang tepat dalam pembelajaran akan menjadikan pembelajaran menjadi menarik dan membuat siswa aktif sehingga timbul motivasi siswa yang akan berdampak pada hasil belajar yang akan meningkat dan mengakibatkan tujuan pembelajaran tercapai. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran matematika dengan memperhatikan motivasi belajar siswa. Pengelolaan pembelajaran yang dapat memotivasi belajar siswa adalah pengelolaan dengan desain pembelajaran kooperatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Bantaeng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri di Kabupaten Bantaeng tahun ajaran 2013/2014 (studi pada siswa kelas VIII). Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan metode random cluster sampling. Sampel yang terpilih adalah dua sekolah negeri yang ada di Kabupaten Bantaeng, yakni SMP Negeri 1 Bissappu dan SMP Negeri 2 Bissappu dengan jumlah masing-masing siswa kelas VIII adalah 27 dan 25 orang. Ada dua macam variabel dalam penelitian ini, yaitu: (1) variabel bebas yang terdiri atas model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar siswa, dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran kooperatif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Sedangkan motivasi belajar yang dimaksud adalah motivasi tinggi dan motivasi rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis varian dua jalur (Two-Way ANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:06
Last Modified: 06 Dec 2016 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item View Item