Keterlaksanaan Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 33 Makassar (

DANIAL, DANIAL (2015) Keterlaksanaan Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 33 Makassar (. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
DANIAL.docx

Download (12kB)

ABSTRAK DANIAL. 2015. Keterlaksanaan Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 33 Makassar (Dibimbing oleh Suradi Tahmir dan Awi Dassa). Jenis penelitian ini adalah mix kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan kurikulum 2013 dalam mata pelajaran matematika di SMP Negeri 33 Makassar yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar observasi, dan (2) Pedoman wawancara. Subjek penelitian ini guru matematika yang mengajar di kelas VII (tujuh) sebanyak 2 guru yang sudah mengikuti pelatihan kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran matematika oleh guru berdasarkan Kurikulum 2013 pada subjek ARF dan HSR yang sudah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 berada pada kategori amat baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran matematika oleh guru berdasarkan kurikulum 2013 pada subjek ARF yang sudah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 berada pada kategori pada kategori baik, sedangkan subjek HSR berada pada kategori cukup (3) Penilaian pembelajaran matematika oleh guru berdasarkan kurikulum 2013 pada subjek ARF dan HSR yang sudah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 berada pada kategori sama yaitu amat baik (4) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum 2013 dibagi atas 2 bagian yaitu: a) faktor penentu yaitu subjek ARF telah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 sebanyak 2 kali dan subjek HSR sebanyak 1 kali, serta siap menerapkan kurikulum 2013 demi kemajuan pendidikan khususnya di SMP Negeri 33 Makassar, dan respon baik oleh kepala sekolah dengan melakukan pelatihan di sekolah dan melengkapi sarana dan prasarana. b) faktor penghambat yaitu tentang penilaian belum sepenuhnya dipahami dengan baik oleh subjek ARF maupun Subjek HSR, dan faktor lainnya adalah masih ada peserta didik yang belum aktif dalam pembelajaran. ABSRACT IMPLEMENTATION OF CURRICULUM 2013 ON MATHEMATICS SUBJECT AT SMPN 33 MAKASSAR DANIAL. 2015. Implementation of Curriculum 2013 on Mathematics Subject at SMPN 33 Makassar (Supervised by Suradi Tahmir and Awi Dassa) The type of this study is mixed qualitative and quantitative, which aims at describing the implementation of curriculum 2013 on mathematics subject at SMPN 33 Makassar include lesson plan, learning implementation, learning assessment, and the factors wich influence the implementation of curriculum 2013. The instrument used is 1) observation sheet and 2) guided interview. The subjects of the study are two mathematics teacher of grade VII who had followed curriculum 2013 training. The results of the study reveal that (1) the lesson plan of mathematics made by teachers based on curriculum 2013 on subject ARF and HSR who followed curriculum 2013 training is in very good category, (2) the implementation of the mathematics learning by the teachers based on curriculum 2013 of subject ARF who had followed curriculum 2013 training is in good category; whereas, subject HSR is medium category, (3) the assessment of mathematics learning by teachers based on curriculum 2013 of subject ARF dan HSR who had followed curriculum 2013 training is in the same category, which is very good category, (4) the factors which influence the implementation of curriculum 2013 are divided into 2 parts: a) the determinant factors, subject ARF had followed 2013 curriculum training twice and subject HSR had followed the training once as well as they are ready to implement curriculum 2013 for education depelopment, particularly at SMPN 33 Makassar, and good response from the principle by conduction the training at school and completing the facility and infrastructure, b) the inhibiting factors, the assessment has yet understood well by subject ARF and subject HSR, and the other factor is there are students who are inactive in learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 06:53
Last Modified: 06 Dec 2016 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1597

Actions (login required)

View Item View Item